Puan Dilaporkan ke MKD Imbas Rayakan Ultah Saat Rakyat Demo BBM

Ketua DPR, Puan Maharani, meresmikan Jalan Soekarno di Purwokerto, Banyumas.
Sumber :
  • Dok. DPR.

VIVA Politik - Ketua DPR RI, Puan Maharani dilaporkan ke Mahkamah Dewan Kehormatan (MKD) karena diduga merayakan ulang tahun saat rapat paripurna pada Selasa, 6 September 2022. Perayaan ulang tahun Puan tersebut berbarengan dengan aksi unjuk rasa kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) di depan Gedung DPR, Jakarta Pusat.

Isu Penambahan Kementerian: Asal Presiden Terpilih Bisa Mengelola, Tidak Tumpang Tindih

Puan dilaporkan ke MKD oleh Ketua Umum Kaukus Muda anti Korupsi (Kamaksi), Joko Priyoski di Gedung DPR, Kompleks Senayan, Jakarta Pusat pada Senin, 12 September 2022.

“Hari ini kami melaporkan Puan Maharani ke MKD RI, atas viralnya video perayaan ulang tahun tanggal 6 yang lalu,” kata Joko di Gedung DPR.

Doli Kurnia soal Money Politic Dilegalkan: Itu Sindiran Saja, Masa Penyakit Dipelihara

Ketua DPR RI Puan Maharani saat penyampaian nota keuangan APBN 2023

Photo :
  • YouTube Sekretariat Presiden

Menurut dia, laporan ini sebagai bentuk kritik masyarakat terhadap Ketua DPR. Sebab, Puan saat itu tidak menerima massa demonstran terkait kenaikan harga BBM. Namun, politikus PDIP itu malah memperingati hari ulang tahunnya dengan berbarengan paripurna pidato Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 DPR RI.

Terlalu Mahal? Komisi X Desak Kemendikbudristek Perbaiki Tata Kelola UKT demi Keadilan Pendidikan

“Di saat masa buruh berunjuk rasa, tapi beliau bukannya menerima perwakilan pengunjuk rasa, malah melakukan euforia di dalam gedung. Anggap saja ini bagian dari otokritik kami terhadap Ibu Ketua DPR. Anggap saja sebagai kritik yang sifatnya konstruktif,” jelas dia.

Maka itu, Joko mendesak putri Megawati Soekarnoputri ini untuk menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat. Menurut dia, Gedung DPR ini sebagai sarana penyampaian aspirasi massa bukan menjadi perayaan yang sifatnya seremoni atau euforia belaka.

“Target utama kami adalah Ibu Puan Maharani meminta maaf kepada masyarakat Indonesia atas viralnya video perayaan ulang tahun beliau. Apalagi beliau kita tahu mau menjadi capres. Harusnya beliau memiliki kepekaan yang tinggi terhadap beban masyarakat hari ini,” ujarnya.

Puan Maharani

Photo :
  • DPR RI

Selain itu, Joko juga mengingatkan Puan agar jangan sekadar menyampaikan janji-janji manis belaka kepada masyarakat. 

“Jangan juga beliau hanya sekadar lip service atau jargon semata ketika beliau bilang meresapi, ikut merasakan. Tapi harus diaktualisasikan dalam sikap beliau sebagai Ketua DPR,” tuturnya.

Sebelumnya, akun Bjorka yang disebut sebagai hacker menyinggung perayaan ultah Puan saat demo kenaikan BBM di depan gedung DPR.

"how are you madam @puanmaharani_ri? how does it feel to celebrate a birthday when many people are protesting about the price of fuel right in front of your office?," tulis cuitan Bjorka yang dikutip pada Minggu, 11 September 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya