PDIP Ungkap Alasan Puan Tak Temui Pendemo DPR, Malah Rayakan Ultah

Politisi PDIP Junimart Girsang.
Sumber :

VIVA – Anggota DPR Fraksi PDI Perjuangan, Junimart Girsang menjelaskan terkait alasan Ketua DPR RI Puan Maharani tidak menemui massa unjuk rasa kenaikan harga BBM bersubsidi di depan Gedung DPR pada Selasa, 6 September 2022. Menurut dia, Puan saat itu memimpin sidang paripurna pidato Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 DPR RI.

Didampingi Petinggi PDIP, Ketua Gerindra Jateng Sudaryono Blusukan ke Kudus

Akhirnya, Puan dilaporkan oleh Ketua Umum Kaukus Muda anti Korupsi (Kamaksi), Joko Priyoski ke Mahkamah Dewan Kehormatan (MKD) DPR pada Senin, 12 September 2022. Sebab, anggota dewan usai paripurna memutar dan menyanyikan lagu selamat ulang tahun untuk Puan.

“Kalau disebut kenapa tidak menemui pendemo di luar, kan begitu. Ya kan ada mata acara sidang paripurna. Bagaimana pula kita lagi paripuran bisa menemui yang sedang demo di luar. Semua ada koridor yang harus ditempuh,” kata Junimart di Gedung DPR pada Senin, 12 September 2022.

Prabowo Gaungkan Program Makan Bergizi Gratis, Senior PDIP: Lebih Edukatif dan Menangkap Esensi

Kemudian, Wakil Ketua Komisi II DPR ini menjelaskan kenapa Puan tidak mematikan mikrofon ketika anggota lain mengucapkan ulang tahun usai paripurna. Menurut dia, kejadian menyampaikan ucapan ulang tahun kepada Puan itu spontanitas.

Ketua DPP PDIP Puan Maharani saat berkuda bersama Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

Photo :
  • ANTARA/HO-PDIP.
Sindir Menantu Orang Besar, PDIP Bicara Soal Pilgub Sumut: Kita Cari Pemimpin, Bukan Bos

“Loh ini kan spontanitas, tidak direncanakan. Bagaimana mau mematikan mic. Justru kalau matikan mic itu menjadi membuat ketidakenakan dengan peserta paripurna. Masa orang apresiasi dilarang. Masa orang mensyukuri selamat ulang tahun dilarang. Jadi enggak ada yang dilanggar, ini masih manusiawi,” jelas dia.

Biasanya, kata dia, anggota dewan yang pencet microfon itu mau menyampaikan interupsi tapi ternyata bukan. Bahkan, semua anggota dewan yang hadir berdiri dan bertepuk tangan menyampaikan ulang tahun kepada Puan Maharani.

“Sesungguhnya kan ini bukan maunya Mbak Puan. Ini kan maunya floor, spontan, semua berdiri, enggak ada satu fraksi pun yang menolak. Biasanya kan pencet mic intrupsi, ini kan tidak. Ini semua berdiri, tepuk tangan, selesai, lanjut paripurna,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Ketua DPR Puan Maharani dilaporkan ke Mahkamah Dewan Kehormatan (MKD) DPR terkait perayaan ulang tahunnya di rapat paripurna pada Selasa, 6 September 2022. Peringatan ulang tahun Puan tersebut berbarengan dengan aksi unjuk rasa kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) di Gedung DPR, Jakarta Pusat.

Puan dilaporkan ke MKD oleh Ketua Umum Kaukus Muda anti Korupsi (Kamaksi), Joko Priyoski di Gedung DPR, Kompleks Senayan, Jakarta Pusat pada Senin, 12 September 2022.

Ketua DPP PDIP Puan Maharani menyampaikan pidato pengarahan kepada kader PDIP di Sekretariat PDIP Kabupaten Banyumas, Purwokerto, Banyumas, Selasa malam, 5 Juli 2022.

Photo :
  • ANTARA/Sumarwoto

Menurut dia, laporan ini sebagai bentuk kritik masyarakat terhadap Ketua DPR. Sebab, Puan saat itu tidak menerima massa demonstran terkait kenaikan harga BBM tapi malah memperingati hari ulang tahunnya berbarengan paripurna pidato Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 DPR RI.

“Di saat masa buruh berunjuk rasa, tapi beliau bukannya menerima perwakilan pengunjuk rasa, malah melakukan euforia di dalam gedung. Anggap saja ini bagian dari otokritik kami terhadap Ibu Ketua DPR. Anggap saja sebagai kritik yg sifatnya konstruktif,” jelas dia.

Maka dari itu, Joko mendesak putri Megawati Soekarnoputri ini untuk menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat. Menurut dia, Gedung DPR ini sebagai sarana penyampaian aspirasi massa bukan menjadi perayaan yang sifatnya seremoni atau euforia belaka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya