DPR Dorong Pemerintah Nego Arab Saudi soal Syarat Vaksin Meningitis

Anggota Fraksi PKS di DPR Bukhori Yusuf.
Sumber :
  • Dok. PKS

VIVA Politik – DPR RI menyoroti kelangkaan vaksin meningitis yang diperuntukkan bagi jemaah haji dan umrah di sejumlah daerah di Indonesia.

Pengamat Ingatkan Prabowo Bahaya Politik Merangkul yang Kebablasan

Anggota Komisi VIII DPR Bukhori Yusuf berharap pemerintah Indonesia dapat melakukan negosiasi dengan Arab Saudi agar syarat vaksin meningitis bagi jemaah umrah dan haji dapat ditinjau kembali.

“Kami mendorong agar pemerintah Indonesia bisa melakukan negosiasi ke pemerintah Arab Saudi agar syarat (vaksin) miningitis ditinjau kembali,” kata Bukhori kepada wartawan, Rabu, 14 September 2022.

Soroti Kenaikan UKT, F-PKS DPRD Sumut : Jangan Sampai PTN Menetapkan Melebihi Batas BKT

Vaksin Meningitis

Photo :
  • ANTARA/ Feny Selly

Bukhori menerangkan, sampai saat ini vaksin meningitis memang merupakan syarat untuk jemaah haji dan umrah masuk ke Arab Saudi.

Arab Saudi Kecam Israel Soal Serangan Darat di Rafah

Atas dasar itu, kata politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini, Kementerian Agama pimpinan Yaqut Cholil Qoumas harus dapat mengusahakan soal vaksin meningitis tersebut.

“Karena itu samapai sekarang merupakan syarat untuk bisa masuk ke  Arab Saudi maka pemerintah dalam hal ini Kemenag harus mengusahakan,” kata Buchori.

Calon jamaah haji disuntikkan vaksinasi meningitis

Photo :
  • Antara/ Septianda Perdana

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan membenarkan soal kelangkaan vaksin meningitis saat ini. Namun menurut Kemenkes, kelangkaan vaksin meningitis saat ini terjadi lantaran masalah supply atau pasokan dari produsen yang terhambat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya