Nasdem Usung Anies Bakal Capres 2024, PAN: KIB Santuy

Ketua Badan Pemenangan Pemilu PAN, Viva Yoga Mauladi
Sumber :
  • VIVA/Lilis Khalisotussurur

VIVA Politik – Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi menanggapi Partai Nasdem yang mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (capres) 2024. 

Punya Sejarah Dengan PAN, Airin Harap Kembali Didukung Pilgub Banten

Menurut dia, nama Anies juga masuk dalam forum Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III PAN. Tapi, PAN masih santai karena pendaftaran KPU masih lama.

“Karena pendaftaran di KPU masih lama, maka KIB (Koalisi Indonesia Bersatu) santuy alias santai saja,” kata Viva Yoga saat dihubungi wartawan pada Rabu, 5 Oktober 2022.

Zulhas Sebut Eko Patrio Pantas Menteri, Gerindra: Kami Senang-senang Saja

Viva Yoga Mauladi

Photo :
  • VIVA/Lilis Khalisotussurur

Saat ini, kata Viva Yoga, KIB fokus melakukan konsolidasi organisasi tiga partai politik di daerah-daerah yakni Partai Golkar, PAN dan PPP. Penguatan struktur organisasi sebagai mesin partai menjadi penting dalam pemenangan pasangan calon yang diusung KIB.

Relawan Tak Tolak Partai Pendukung Amin Bergabung Koalisi Prabowo-Gibran

“PAN akan memutuskan paslon pilpres bersama-sama dengan Golkar dan PPP karena telah berikrar di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB),” ujarnya.

Disamping itu, ia mengucapkan selamat kepada Anies yang secara resmi dideklarasikan sebagai bakal capres Partai Nasdem. Pengumuman ini akan menambah semarak demokrasi konstitusional dapat berjalan dengan baik.

Bendera Partai Amanat Nasional. Foto ilustrasi.

Photo :
  • VIVA.co.id / Eduward Ambarita

Setiap pasangan calon di pilpres mesti diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik yang memenuhi persyaratan presidential threshold 20 persen kursi DPR RI. Hal ini termaktub dalam Pasal 222 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

“Jadi, untuk capres/cawapres tidak ada paslon perorangan, sebagaimana calon gubernur, bupati/ wali kota,” ujarnya.

Sebelumya diberitakan, Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh menunjuk Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden 2024 yang. Pernyataan ini diungkap Surya Paloh dalam Deklarasi Capres Partai Nasdem pada Senin, 3 Oktober 2022.

"Yang dicari Nasdem adalah yang terbaik daripada yang terbaik, inilah akhir Nasdem memilih seorang sosok Anies Baswedan," ujar Surya Paloh dalam sambutannya di Nasdem Tower.

Menurut Surya Paloh, Partai Nasdem ingin menitipkan sejarah perjalanan bangsa Indonesia ke sosok Anies kedepannya. Ia berharap, Anies dapat membentuk bangsa menjadi lebih baik dan bermartabat jika berhasil terpilih menjadi calon presiden 2024.

"Kami ingin menitipkan sejarah ini ke Anies Baswedan, pimpinlah negara dan bangsa ini menjadi bangsa yang bermartabat, membentuk karakter," ujarnya.

Sementara Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menerima keputusan Partai Nasdem yang mengusungnya menjadi bakal calon presiden 2024. "Bang Surya Paloh yang saya amat hormati, seluruh keluarga besar Nasdem yang saya banggakan, bismillah, kami terima," ujar Anies.

Lebih jauh, Anies juga menegaskan dirinya siap untuk berjalan bersama Partai Nasdem dalam memajukan bangsa Indonesia. Ia menyatakan akan melaksanakan amanah dari Partai Nasdem jika terpilih menjadi Presiden RI 2024 mendatang.

"Kami siap jalan bersama. Membangun kolaborasi yang solid, bersiap untuk melaksanakan apa yang diamanahkan oleh Partai Nasdem sebagai bagian dari tanggung jawab kita untuk negeri ini dan insya Allah niat baik keinginan luhur yang menjadi cita-cita kita akan bisa tercapai," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya