Lolos Verifikasi KPU, Hary Tanoesoedibjo Ingin Perindo Raih 60 Kursi Parlemen

Verifikasi Faktual Partai Perindo oleh KPU-Bawaslu untuk Pemilu 2024
Sumber :
  • Perindo

VIVA Politik – Sejumlah partai politik calon peserta Pemilu 2024, dinyatakan lolos verifikasi. Baik itu partai yang ada di parlemen saat ini, partai yang belum memenuhi syarat parlementary threshold atau PT pada pemilu lalu, hingga partai baru.

Sudahi Kegaduhan terkait Pilpres 2024, Elite Politik Diminta Tiru Sikap Prabowo

Diantaranya adalah Partai Perindo. Perindo pertama kali ikut pemilu pada 2019, tapi belum memenuhi PT. Ketua Umum Perindo Hary Tanoe (HT) mengatakan, pihaknya memang menargetkan bisa lolos verifikasi ini. Dengan begitu, seluruh elemen partai semua level, bisa melakukan persiapan menyambut pesta demokrasi 2024.

"Tahapan verifikasi ini bukan hanya DPP, tetapi juga di provinsi, maupun kabupaten, dan seluruh kota, jadi mudah-mudahan semuanya berjalan lancar. Tentunya kami berkomitmen untuk menyelenggarakan atau memastikan bahwa verifikasi ini dapat dilalui dengan baik," kata HT dalam keterangan persnya, dikutip Senin 17 Oktober 2022.

Elite PAN soal PKB-Nasdem Gabung Prabowo: Ini Masih Perubahan atau Keberlanjutan? 

Sebelumnya KPU mengumumkan ada 18 partai politik yang lolos verifikasi. Maka dilakukan verifikasi ke DPP masing-masing oleh KPU. Termasuk Perindo di Kantor DPP Partai Perindo, Jl Diponegoro No.29, Menteng, Jakarta Pusat, pada Minggu kemarin.

Dengan lolos verifikasi, HT kembali menargetkan bahwa pihaknya akan meraih double digit di Pemilu 2024. Dengan menguasai 60 kursi di parlemen.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

"Dan setelah itu, tentunya persiapan untuk Pemilu 2024. Target, saya pernah sampaikan double digit. Double digit itu kurang lebih sekitar minimal 60 kursi DPR RI yang kita targetkan," tegas HT.

Untuk mencapai itu, maka HT meminta agar caleg yang direkrut benar-benar memiliki basis suara yang besar. Apakah itu untuk DPR RI hingga untuk DPRD di provinsi dan kabupaten/kota.

Dengan begitu, harap HT, Partai Perindoyang dikenal sebagai partai yang fokus berjuang untuk Indonesia sejahtera, bisa membuat kebijakan yang tepat sasaran. Dengan kebijakan itu, kata HT, juga bisa mempercepat kesejahteraan dan mempersempit kesenjangan. 

Lolos Verifikasi

Dipimpin langsung Ketua KPU Hasyim Asy'ari, dilakukan verifikasi ke kantor DPP Perindo pada minggu kemarin. Lalu kemudian dinyatakan lolos. Setelah semua dokumen terkait kantor dan kepengurusan yang sebelumnya lolos verifikasi administrasi, dinyatakan sesuai kondisi faktual. 

"Berdasarkan verifikasi terhadap 2 hal tadi, verifikasi terhadap DPP atau pengurus pusat Partai Perindo dinyatakan memenuhi syarat," kata Hasyim.

Untuk verifikasi faktual, dilakukan setelah verifikasi administrasi dinyatakan lolos. Maka KPU dan Bawaslu yang langsung verifikasi untuk tingkat pusat. Mereka datang ke Kantor DPP Partai Perindo.

Selain Ketua KPU RI, hadir pula pada verifikasi faktual tersebut Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja.

Adapun, tim verifikasi faktual KPU dipimpin oleh 2 anggota KPU, yaitu Idham Khalik dan August Mellaz beserta tim verifikator dari kesekjenan KPU beserta Bawaslu.

"Kita tahu semua di DPP Partai Perindo ini terverifikasi. Alamat sebagaimana dokumen dan situasi faktual sesuai. Kepengurusan di DPP, nama-nama di dokumen dengan situasi faktual sesuai," kata Hasyim.

Syarat lainnya yang harus dipenuhi adalah keterwakilan perempuan. KPU mengatakan, Perindo jauh melampaui batas minimal 30 persen keterwakilan perempuan tersebut.

"Keterwakilan perempuan (di DPP Partai Perindo) persentasenya 40 persen, dari batas minimal 30 persen, terpenuhi, bahkan terlampaui," kata Hasyim.

Sementara Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja mengamini terpenuhinya syarat verifikasi faktual Partai Perindo di tingkat pusat. 

“Tadi telah dinyatakan memenuhi syarat oleh Komisi Pemilihan Umum dan beberapa hari ke depan akan ada verifikasi faktual kepada pengurus provinsi dan kabupaten/kota,” ujar Rahmat Bagja.

Turut hadir dalam verifikasi faktual seperti Ketua Harian Nasional DPP Partai Perindo Dr. TGB H. Muhammad Zainul Majdi, Wakil Ketua Umum Partai Perindo Syafril Nasution, Wakil Ketua Umum Partai Perindo Angela Tanoesoedibjo, Wakil Ketua Umum Partai Perindo Ferry Kurnia Rizkiyansyah.

Hadir juga Wakil Ketua Umum Partai Perindo Boyke Novrizon, Sekjen Partai Perindo Ahmad Rofiq,  Bendahara Umum DPP Partai Perindo Henry Suparman, beserta seluruh jajaran pengurus DPP Partai Perindo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya