Nasdem Mensyaratkan Cawapres Anies Baswedan Harus Punya Daya Elektoral yang Kuat

Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Johnny G Plate
Sumber :
  • VIVA.co.id/Lilis Khalis

VIVA Politik – Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Johnny G Plate mengatakan calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampingi Anies Baswedan tidak hanya dipilih berdasarkan relasi kerjanya, namun juga elektabilitas.

Demokrat Sebut "Wajar dan Sah-sah Saja" Parpol KIM Minta Jatah Menteri kepada Prabowo 

Dengan mempertimbangkan hal tersebut, Anies Baswedan dan cawapresnya mampu menghasilkan daya elektoral yang tinggi hingga berhasil memenangkan pemilu presiden pada 2024.

"Paket capres ini dan cawapres tidak saja terkait dengan relasi kerja antara capres dan cawapres, tetapi juga memperhatikan elektoral bagaimana kombinasinya, bagaimana bisa menghasilkan elektoral yang lebih kuat dari waktu ke waktu sampai dengan pilpres nanti," ujar Plate kepada wartawan di kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Selasa, 18 Oktober 2022.

Prabowo: Gus Dur Dukung Saya dari Langit

Deklarasi Calon Presiden Partai Nasdem Usung Anies Baswedan

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Kendati begitu, Plate menegaskan kewenangan untuk memilih cawapres sepenuhnya pada tangan Anies. Sampai saat ini, belum ada sosok figur yang diungkap Anies untuk menjadi calon wakilnya. Tetapi Nasdem memahami bahwa Anies sedang bekerja untuk itu.

Zulhas: Banyak Orang Salah Sangka Prabowo Dianggap Menang karena Bansos

Plate juga menanggapi pernyataan Partai Demokrat bahwa Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) selaras dengan kriteria calon wakil presiden (cawapres) yang dicari Anies Baswedan. "Kalau selaras dengan AHY, bagus dong. Kan AHY ketua partai, berarti kan kriteria itu kan di-endorse juga dan ini berita yang baik," katanya.

Anies sempat menuturkan kriteria sosok cawapres yang ia cari untuk mendampinginya. Pertama, mampu memberikan kontribusinya dalam pemenangan pemilu presiden. Kedua, membantu memperkuat stabilitas dalam koalisi. Ketiga, membantu dalam pemerintahan yang efektif jika terpilih sebagai presiden-wakil presiden untuk periode 2024-2029.

Deklarasi Calon Presiden Partai Nasdem Usung Anies Baswedan

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Namun, di balik tiga kriteria tersebut, Anies menegaskan bahwa cawapres harus siap berjalan bersama memajukan bangsa. "Intinya, adalah semua putra bangsa, semua yang siap untuk berjalan bersama, meninggikan kepentingan republik di atas kepentingan yang lain," kata Anies di Nasdem Tower, Senin, 3 Oktober 2022.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya