Usung Gibran di Pilkada Jateng 2024, Golkar Solo: Kemampuan Beliau Luar Biasa

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.
Sumber :
  • VIVA/ Fajar Sodik.

VIVA Politik - DPD Partai Golkar Solo siap mengusung nama Gibran Rakabuming Raka di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Tengah 2024. Nama Gibran berasal dari eksternal Golkar.

Ganjar Nyatakan Jadi Oposisi, Ganjarist: Ini Menunjukkan Beliau Tidak Mencla-mencle

Menurut Ketua Harian DPD Golkar Solo Bandung Joko Suryono menyebut dari internal sudah mengusulkan nama Ketua DPD Golkar Jawa Tengah, Panggah Susanto sebagai bakal cagub.

"Untuk kepala daerah provinsi tahun 2024 secara internal partai, personel yang diusulkan Panggah Susanto, yakni Ketua DPD Partai Golkar Jateng. Namun secara eksternal muncul nama Gibran Rakabuming Raka," kata Bandung Joko Suryono di Solo, dikutip dari Antara, Senin, 31 Oktober 2022.

Serius Bangun Koalisi di Pilkada Semarang, Golkar dan PKS Buka Pintu untuk Parpol Lain

Dia menjelaskan beberapa alasan pihaknya mendorong Gibran sebagai kandidat bakal cagub Jawa Tengah. Salah satunya karena Wali Kota Solo itu memiliki kemampuan luar biasa untuk memimpin suatu daerah.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Photo :
  • Viva.co.id/ Fajar Sodiq (Solo)
Seratus Kementerian Pun Tak Masalah jika untuk Akselerasi Kinerja, Menurut Pakar Politik

Menurutnya, awalnya sebagian orang yang ragu dengan kapasitas Gibran memimpin Solo. Namun, putra sulung Presiden Jokowi itu bisa membukikan kepemimpinannya.

"Dari pengamatan kami beliau punya kemampuan luar biasa untuk mengemban amanat sebagai Wali Kota Surakarta. Potensi ini makin bermanfaat untuk kepentingan rakyat apabila beliau kami proyeksikan jadi Gubernur Jawa Tengah," jelasnya.

Pun, dia menambahkan Gibran mampu membuktikan kinerja tersebut meski baru setengah jalan memimpin Kota Solo. Menurut dia, hal itu merupakan prestasi .

"Ketika seluruh bangsa, termasuk Surakarta mengalami situasi sulit, yakni saat pandemi COVID-19 ternyata di bawah kepemimpinan Mas Gibran, Surakarta mampu mengatasinya," katanya.

Kemudian, dia mengatakan Gibran juga bisa mengembalikan stabilitas kesehatan dan ekonomi. Ia bilang saat masa sulit termasuk pandemi terjadi recovery dengan kebijakan pendukung untuk percepatan.

"Kebijakan yang dilakukan antara lain melakukan pendampingan kepada sebanyak 6.500 UMKM, menyelenggarakan event lokal, regional, nasional, bahkan internasional. Ini berdampak signifikan terhadap pemulihan dan percepatan ekonomi di Surakarta," ujar Bandung.

Gibran Rakabuming Raka bersama pengurus DPC PDIP Solo

Photo :
  • VIVA.co.id/Fajar Sodiq

Lebih lanjut, ia menyebut Gibran juga berhasil menciptakan stabilitas keamanan maupun ketertiban masyarakat. Dengan demikian, warga Solo berada dalam iklim yang nyaman dan kondusif.

"Selain itu, saat ini yang sedang dan akan berproses, yakni Mas Gibran meletakkan pondasi kuat untuk kemajuan Surakarta. Ada sepuluh sektor pembangunan yang saat ini tengah dikerjakan di antaranya Masjid Raya Sheikh Al Zayed, Islamic Center, elevated rel, revitalisasi Solo Technopark Park, Taman Balekambang, dan IKM Mebel Gilingan," katanya.

Lebih lanjut, dia bilang langkah visioner Gibran yang lain dengan mendorong Solo menuju smart city atau kota pintar. Melihat beberapa pertimbangan tersebut, ia berharap dengan nama Gibran yang diusung Golkar Solo bisa jadi pertimbangan untuk DPP Partai Golkar.

Dia mengatakan demikian karena di DPP Golkar nanti malam ada rapat agenda finalisasi terkait Pileg dan Pilkada 2024.

"Maka saya harus sampaikan ini ke media dengan harapan percepatan akses informasi segera sampai DPD provinsi dan DPP," katanya. (Ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya