Fikri Faqih: Anggota Dewan PKS Harus Siap Jadi Pemimpin, Siap Berlari

Ketua BPW Jatim, Jateng, dan DIY (Jatijaya) DPP PKS, Fikri Faqih.
Sumber :
  • Dok. PKS

VIVA Politik - Persiapan menghadapi Pemilu 2024, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menggelar bimbingan teknis atau bimtek untuk anggota DPRD PKS Jawa Timur, Jawa Tengah dan DI Yogyakarta (Jatijaya). Bimtek itu bertujuan untuk meningkatkan kapasitas anggota DPRD se-Jatijaya.

Prabowo Yakin Ekonomi Indonesia Mampu Tumbuh 8% 2-3 Tahun ke Depan

Ketua Bidang Pembinaan Wilayah (BPW) DPP PKS Jatijaya Fikri Faqih menyampaikan bahwa tugas legislator dari PKS mesti siap berlari. Ia bilang legislator PKS mesti siap jadi pemimpin dan berperan di mana pun. 

"Anggota Dewan PKS harus siap jadi pemimpin, siap berlari. Tidak hanya di ibu kota tapi juga di daerahnya masing-masing. Khususnya legislator ini mengemban amanat dari rakyat maka harus siap berperan di mana saja," kata Fikri, dalam keterangannya, Kamis, 3 November 2022. 

BNI Teken Kerja Sama dengan TNI AD Tingkatkan Layanan Keuangan Terintegerasi

Pun, dia menambahkan, seorang legislator PKS juga punya tugas membaca ayat-ayat Allah SWT. Dengan demikian, hal itu jadi tujuan utama anggota DPRD. 

Ketua BPW Jatim, Jateng, dan DIY (Jatijaya) DPP PKS, Fikri Faqih.

Photo :
  • Dok. PKS
Juni 2024, PKS Akan Putuskan Sikap Koalisi atau Oposisi Prabowo-Gibran

Fikri mengingatkan dunia legislatif ini sarana pengembangan diri anggota PKS untuk bisa jadi negarawan. 

"Dunia legislatif ini sarana pengembangan diri anggota PKS menjadi negarawan. Rugi kalau legislator tidak berbuat apa-apa. Tempat menggembleng diri di legislatif, dengan stratanya masing," jelas Wakil Ketua Komisi X DPR tersebut.

Lebih lanjut, dia mengatakan legislator PKS juga memiliki tugas advokasi. Ia bilang anggota legislatif atau aleg asal PKS bawa kepentingan rakyat dan umat. Maka itu, aleg PKS punya peran untuk pertemukan kepentingan masyarakat dengan pemerintah. 

Kemudian, dia mengatakan aleg PKS juga mesti jadi penerjemah positif terhadap konstitusi maupun turunannya. Kata dia, hal itu baik Undang-Undang, perda, serta regulasi lainnya.

Fikri juga menekankan agar legislator PKS bisa membantu dengan peran menyeimbangkan dinamika negara. Ia mengatakan demikian karena ada pihak yang ingin umat terpecah belah,

“Sebagaimana kita tahu, ada saja pihak yang ingin umat ini terpecah belah. Bangsa ini tidak satu, kita punya peran menyelamatkan! Menjaga konstitusi, dan keutuhan negara," jelas Fikri.  

Dia berharap dengan bimtek sebagai tahapan untuk persiapkan legislator PKS bisa lebih optimal. Fikri juga bilang dengan bimtek maka sebagai forum koordinasi DPR RI, DPRD Provinsi, serta Kabupaten/Kota. 

Selain itu, menurutnya bimtek juga bisa berperan menambah kuantitas dan menumbuhkan struktur.

“Kita bagian dari bangsa, umat rakyat negara, mereka mengharapkan solusi atas permasalahan mereka," sebutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya