Bencana Kelaparan Landa Berbagai Negara, Prabowo Imbau Pemimpin Dunia Bersatu

Menhan sekaligus Ketum Gerindra Prabowo Subianto saat acara Global Food Security Forum di Bali.
Sumber :
  • Dok. Tim Media Prabowo Subianto

VIVA Politik - Menteri Pertahanan RI sekaligus Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyerukan pemimpin dunia bisa bersatu dalam mengatasi krisis global yang saat ini terjadi. Prabowo ingatkan ada masalah pangan seperti kelaparan akut melanda di berbagai negara

Prabowo Tetap Dikawal Satgas Pengamanan Capres Polri hingga H-30 Pelantikan

Menurut Ketua Umum Partai Gerindra itu kelaparan akut karena konflik antarnegara yang tengah terjadi. Dia bilang dalam persoalan ini diperlukan kekompakan dan kemampuan internasional pemimpin negara untuk bekerja sama.

"Memecahkan kerawanan pangan, ya, soal bibit, soal teknologi. Soal ini itu. Tetapi, yang lebih penting adalah kesatuan, kekompakan, kemampuan antarelite nasional dan internasional untuk bekerja sama," kata Prabowo saat sambutan acara Global Food Security Forum di Bali disampaikan dalam keterangan resminya, Minggu, 13 November 2022.

Isu Partai Rival Gabung Dukung Prabowo, Sangap Surbakti Khawatir Bisa Jadi Duri dalam Daging

Menhan sekaligus Ketum Gerindra Prabowo Subianto saat acara G20.

Photo :
  • Dok. Tim Media Prabowo Subianto

Dia mengatakan jika tak menyelesaikan konflik pangan ini maka akan berbahaya. Eks Danjen Kopassus itu juga berharap forum Global Food Security Forum di Bali bisa menyampaikan pemhaman terkait ketahanan pangan dari sudut pandang Indonesia dan dunia.

Ibu dan Dua Anak Tertimbun Longsor di Garut, Petugas Kesulitan Lakukan Evakuasi

Prabowo menekankan demikian karena mengingat tujuan terpenting saat ini ketersediaan dan keterjangkauan harga pangan di dunia.

"Tujuan kita menyediakan pangan bagi 8 miliar orang di dunia. Namun, tantangannya adalah ketersediaan dan keterjangkauan harga pangan," jelas Prabowo.

Menhan sekaligus Ketum Gerindra Prabowo Subianto saat acara G20.

Photo :
  • Dok. Tim Media Prabowo Subianto

Pun, dia menyinggung kondisi global saat ini karena hanya beberapa negara yang memiliki kecukupan pasokan protein dan kalori. 

"Itulah tantangan kita untuk bisa mencapai target nol kelaparan, yang merupakan Tujuan Pembangunan Berkelanjutannomor 2, sebuah tujuan yang harus kita cita-citakan,” tuturnya.

Lebih lanjut, dia menaruh harapan dalam forum tersebut agar bisa menjadi penguat kemauan pemimpin negara di dunia untuk menghadapi persoalan ketahanan pangan.

"Forum ini sangat penting untuk beri pengetahuan kepada para elit politik dan pimpinan negara untuk bekerja sama dengan pihak swasta dalam menghadapi ketahanan pangan," ujar Prabowo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya