Survei CIGMark: Elektabilitas Gerindra Teratas di Jabar tapi Prabowo di Bawah Ridwan Kamil

Prabowo Subianto saat mendaftarkan Partai Gerindra di KPU.
Prabowo Subianto saat mendaftarkan Partai Gerindra di KPU.
Sumber :
  • Twitter Partai Gerindra @Gerindra

VIVA Politik – Survei CIGMark menunjukkan peta kekuatan para partai politik pada pemilu tahun 2024 di Provinsi Jawa Barat dengan Partai Gerindra menempati posisi pertama mengungguli pesaingnya seperti PDIP dan Partai Golkar.

“Untuk pemilihan partai di Jawa Barat sendiri, Gerindra masih menduduki peringkat pertama apabila pemilihan parpol dilaksanakan pada hari ini dengan 15,6 persen,” kata CEO CIGMark Panca Pratama Iskandar dalam forum “Diskusi Hasil Survei Jawa Barat Dalam Pusaran Politik 2024” di Jakarta, Minggu, 13 November 2022.

Partai yang dipimpin oleh Prabowo Subianto itu dibayang-bayangi oleh dua pesaingnya seperti PDIP dengan 12,4 persen dan Golkar 12,2 persen. Sedangkan Nasdem dan PAN berada di urutan kedua terbawah dengan 1,6 persen dan 1,3 persen.

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat Rapimnas Gerindra 2022

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat Rapimnas Gerindra 2022

Photo :
  • Gerindra

Sedangkan yang belum menentukan pilihan itu 24,6 persen. Artinya, kata Panca, ada empat partai yang mendominasi di pemilihan partai pada 2024, yaitu Gerindra, PDIP, Golkar, dan PKS.

Survei ini dilakukan pada 12-28 September 2022 dengan metodologi multistage random sampling. Jumlah responden 825 orang yang diwawancarai secara langsung dengan menggunakan kuesioner. Jumlah margin of error survei sebesar kurang lebih 3,48 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Halaman Selanjutnya
img_title