Banyak Urus Tugas Strategis, Erick Thohir Jadi Anak Emas Jokowi Selain Luhut

Menteri BUMN Erick Thohir.
Sumber :
  • Dok. Kementerian BUMN

VIVA Politik – Menteri BUMN Erick Thohir mendapat banyak kepercayaan dari Presiden Joko Widodo. Erick Thohir disebut anak emas Jokowi dalam banyak hal.

Erick Thohir: Timnas Indonesia Punya Generasi Emas

“Jadi kalau di dalam kabinet yang junior anak emas itu, kalau saya boleh menyebut ya Mas Erick Thohir. Anak emas junior ya, kalau anak emas senior ya Pak Luhut kalau saya boleh mengistilahkan Mas Erick Thohir itu anak emas juniornya Pak Presiden,” kata Pengamat politik Surokim Abdussalam.

Presiden Jokowi, Erick Thohir, Ganjar dan Gibran di CFD Solo.

Photo :
  • KBUMN.
Timnas Indonesia U-23 Banjir Ucapan Terima Kasih dari Netizen

Bahkan, Surokim mengakui tidak heran jika Erick Thohir ikut mengurus perihal kebutuhan keluarga untuk pernikahan anak bungsu Jokowi, yaitu Kaesang Pangarep bersama Erina S Gudono. Erick juga bisa disebut dinilai dekat sebagai keluarga Jokowi.

“Saya tidak kaget kalau kemudian diberikan kepercayaan seperti itu karena memang relasinya seperti itu. Siapa presiden yang tidak memilih orang yang mungkin sudah dianggap keluarga. Saya tidak kaget karena beliau kan memang anak emas junior,” ungkapnya.

Pernyataan Ketum PSSI Erick Thohir Usai Timnas Indonesia U-23 Dikalahkan Guinea

Kedekatan Jokowi memang tidak semata secara emosional, Erick THohir membuktikan bahwa dirinya punya kinerja yang bagus dalam pemerintahan. Erick Thohir berhasil mentransformasi perusahaan-perusahaan BUMN agar menjadi lebih untung. Tercatat di bawah kepemimpinan Erick Thohir, Kementerian BUMN meraup laba sebesar Rp 124 triliun di tahun 2021. Angka tersebut meningkat dari tahun 2020 yang hanya di sekitar Rp 13 triliun.

Erick Thohir juga berhasil membantu Presiden Jokowi dalam upaya penanggulangan pandemi covid-19 dengan melakukan diplomasi luar negeri ke berbagai negara. Ia berhasil mendatangkan jutaan vaksin untuk menyukseskan program vaksinasi nasional.

Kemudian dalam hal pemulihan ekonomi, Erick Thohir berhasil membantu masyarakat dengan menggalakkan program KUR, Mekaar, Santripreneur dan Rumah BUMN. 

“Tidak hanya itu, tetapi juga presiden melihat kinerja, melihat pekerjaannya di kabinet, keterlibatannya di dalam proyek-proyek strategis hampir semuanya terlibat dan saya kira itu nilai plus untuk Mas Erick Thohir,” pungkasnya.

Presiden Jokowi, Erick Thohir, Ganjar dan Gibran di CFD Solo.

Photo :
  • KBUMN.

Kedekatan Jokowi dan Erick Thohir ini pun memberikan simbol peluang Erick Thohir didukung maju pada Pilpres 2024. Eks Presiden Inter Milan disebut akan menjadi proxy Jokowi di Pilpres 2024.

“Kalau mau dibaca ke arah sana mestinya, karena presiden tidak punya masalah. Artinya seorang presiden mau merekom atau mendukung itu kan kepada orang-orang yang tidak bermasalah dengan Presiden kan, enggak mungkin presiden tidak merekom orang itu. Jadi kalau dibaca sebagai restu ya iyalah,” pungkas Peneliti Senior Surabaya Survey Center (SSC).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya