Charta Politika: Elektabilitas Ganjar Teratas, Kalahkan Anies dan Prabowo

Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan capres teratas di survei
Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan capres teratas di survei
Sumber :
  • ist

VIVA Politik – Elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo disebutkan terus menunjukkan tren yang positif menjelang Pilpres 2024. Hal tersebut berdasarkan hasil lembaga survei Charta Politika Indonesia periode November 2022.

Ganjar berada di posisi teratas dengan elektabilitas di atas 30 persen. Memiliki selisih yang cukup jauh dari para pesaingnya yang berptensi maju di Pemilu 2024.

"Pada simulasi 10 nama, Ganjar Pranowo mendapatkan elektabilitas tertinggi dengan nilai 32,6 persen," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya dalam paparannya secara daring, Selasa, 29 November 2022.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Photo :
  • tvOne/Teguh Joko Sutrisno

Yunarto menjelaskan, posisi kedua ditempati bakal capres Partai Nasdem Anies Baswedan, dengan nilai elektabilitas 23,1 persen. Kemudian, dibuntuti Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang mendapat elektabilitas sebesar 22 persen.

Sebagai informasi, survei ini dilakukan dengan wawancara tatap muka dengan metode multistage random sampling dan margin of error 2,83 persen. Adapun jumlah responden dalam survei ini sebanyak 1.220 orang. Jajak pendapat ini dilaksanakan pada 4-12 November 2022.

Anies Rasyid Baswedan di Yogyakarta.

Anies Rasyid Baswedan di Yogyakarta.

Photo :
  • VIVA.co.id/ Cahyo Edi (Yogyakarta)
Halaman Selanjutnya
img_title