Alasan Uya Kuya Masuk PAN dan Bakal Jadi Caleg 2024

Artis Uya Kuya, bergabung menjadi kader Partai Amanat Nasional (PAN).
Sumber :
  • VIVA/Andrew Tito.

VIVA Politik – Artis sekaligus komedian, Surya Utama atau yang biasa dikenal dengan nama Uya Kuya, bergabung menjadi kader Partai Amanat Nasional (PAN) dengan dilantik langsung oleh Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan di Kantor DPP PAN, Kalibata Jakarta Selatan, Selasa 6 Desember 2022.

3 Jenderal Termuda di TNI Angkatan Darat, Ada yang Jadi Perisai Hidup Presiden Jokowi

Uya Kuya dikantik bersama 19 kader lainnya yang merupakan Purawirawan Jendral TNI, juga pengusaha.

Dalam keterangannya Uya mengatakan sebelumnya ada dua partai yang mengajaknya bergabung, namun Uya memilih PAN, karena Uya mengaku memiliki  pasangan tersendiri terhadap Partai PAN dan juga diajak oleh Mantan Komedian, Eko Patrio.

Ini Momen Eko dan Akri Jenguk Parto Patrio di Rumah Sakit

Artis Uya Kuya, bergabung menjadi kader Partai Amanat Nasional (PAN).

Photo :
  • VIVA/Andrew Tito.

"Di tahun ini juga sebetulnya, sebelum gabung PAN ada dua partai besar yang menawari saya. Tapi enggak tahu, hati saya itu tiba-tiba ingat dulu Eko Patrio sempat ajakin saya ke politik 5 atau 6 tahun lalu, tapi saya belum tertarik waktu itu. Tapi Eko sempat bilang 'kalau sudah ada minat hubungi gua'.”

Trade Minister: No Need to Worry about Weakening of Rupiah

“Dan pada saat itu gua hubungi Eko, bukan berarti langsung mau masuk, tapi mau ngobrol dulu awalnya," ujar Uya Kuya dalam keterangannya di Kantor DPP PAN, Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa 6 Desember 2022.

Uya mengatakan sebelum bergabung, dirinya juga bertemu dengan Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan, Uya berpendapat PAN hingga kini terus menjaga Negeri dan tidak banyak kadernya yang neko-neko.

"Habis itu ketemu Pak Zulhas juga akhirnya saya bergabung dengan PAN, karena PAN ya partai yang menurut saya partai yang modern, terus juga NKRI, dan tidak banyak kontroversinya, dan dia bisa ke mana saja. Itu jadi alasan saya masuk ke PAN," ujarnya.

Artis Uya Kuya, bergabung menjadi kader Partai Amanat Nasional (PAN).

Photo :
  • VIVA/Andrew Tito.

Uya mengatakan dirinya juga sangat mudah masuk menjadi Kader PAN, dan juga tidak ada paksaan untuk menjadi Kadernya.

"Nggak ada, jadi waktu saya ditawarin untuk masuk itu belum ada bilang mau jadi apa atau bakal jadi apa, memang mau jadi kader saja dulu. Waktu saya memutuskan bergabung dengan PAN juga belum dibilang akan jadi caleg DPR RI. Itu belum ada, itu beberapa waktu kemudian.” ujarnya.

Uya mengatakan dirinya mungkin nanti bisa menjadi Bakal Calon Legislatif (bacaleg) DPR RI dalam Pemilu 2024 dengan membawa nama PAN. "2024 saya Insyaallah dari dapil Jaksel, Jakpus, sama luar negeri karena saya tinggal di Jaksel. Insyaallah DPR RI," kata Uya Kuya.

Diketahui Uya bergabung dengan PAN bersama 19 Kader Baru lainnya yang sebagian besar dari kalangan Purnawirawan Jenderal TNI.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya