Pilih Prabowo daripada Anies: Riza Patria: Loyalitas Harus Dibuktikan

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan eks Wagub DKI Jakarta, Riza Patria.
Sumber :
  • VIVA/ Andrew Tito.

VIVA Politik - Eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto digadang-gadang akan maju jadi capres 2024. Namun, untuk mantan Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria mengaku dirinya lebih memilih Prabowo.

Timnas Amin Bakal Halalbihalal di Rumah Anies Besok, Langsung Dibubarkan?

Pengakuan Riza itu disampaikan saat ditanya presenter Abraham Silaban. Lewat akun Instagramnya, Abraham mengunggah video percakapan antara dirinya dengan Riza. Keduanya lakukan tanya jawab usai berolahraga.

Abraham mengatakan sudah mendengar pernyataan Riza yang memilih Prabowo ketimbang Anies. Dia pun mengulik alasan Ketua DPD Gerindra DKI tersebut bersikap demikian.

PPP Klaim Suara Partai Hilang di Dapil Jatim, Pindah ke Partai Garuda

"Bang, aku kemarin dengar statement Abang, menarik banget mengenai Pilpres 2024. Nggak tau ada kaitannya apa nggak. Tapi, Bang Riza kasih satu komentar disuruh pilih antara Anies dan Prabowo, Abang menyebut nama Pak Prabowo?" tanya Abraham dikutip VIVA pada Jumat, 23 Desember 2022.

Riza pun menyampaikan alasannya lebih memilih Prabowo. Ia menilai eks Danjen Kopassus itu sebagai tokoh yang luar biasa. 

Sudaryono dan Hendi Bersaing Ketat dalam Survei LKPI untuk Pilgub Jateng

Menhan sekaligus Ketum Gerindra Prabowo Subianto saat acara G20.

Photo :
  • Dok. Tim Media Prabowo Subianto

Bagi dia, figur Prabowo punya visi misi, pengalaman, dan wawasan diserta pengalaman kepemimpinannya.

"Ya tentu saya milih Pak Prabowo adalah tokoh yang luar biasa, tokoh yang saya yakini bisa membangun bangsa ke depan," tutur Riza. 

Abraham masih penasaran dengan jawaban Riza. Hal itu mengingat status Riza yang merupakan pendamping Anies sebagai Wagub DKI.

"Karena menarik banget, Bang Riza ini wakil gubernurnya zaman Anies Baswedan tapi malah dia memilih Pak Prabowo," tanya Abraham.

Riza menjawab bahwa sebagai kader Gerindra mesti loyal terhadap keputusan partai. Kata dia, loyalitas itu mesti dibuktikan.

"Iya dong! Jadi kita ini loyalitas kita ini harus kita buktikan tidak hanya diucapkan. Saya meyakini dan sudah membuktikan kepemimpinan Bapak Prabowo kepada bangsa dan negara," jawab Riza.

"Oke, Pak Prabowo menyatakan sudah siap untuk maju. Pertanyaan berikutnya, siapa kira-kira siapa calon wakil presidennya Pak Prabowo, bocorin bang," tanya Abraham lagi. 

"Iya nanti," jawab Riza seraya tertawa. 

"Itu sudah jadi kesepakatan. Kita serahkan ke beliau, beliau yang nanti menentukan," lanjut Riza.

Anies Baswedan Calon Presiden Partai Nasdem di HUT Nasdem

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Menurut dia, Prabowo selaku bakal capres lebih mengetahui figur cawapres yang baik. Riza merasa saat ini ada beberapa nama yang layak sebagai cawapres mendampingi Prabowo,

"Banyak nama-nama calon yang bisa mendampingi beliau, tapi kami sudah sepakat nanti beliau yang menentukan," ujar Riza.

Lalu, Abraham meminta agar Riza membocorkan nama cawapres yang dimaksud. Setidaknya, kata dia, Riza beri kode tokoh tersebut.

"Sebentar-sebentar, kasih kode dong bang kalau gak bisa jawab. Ini ada tiga nama Ganjar Pranowo, Erick Thohir dan Khofifah Indar Parawansa, di antara tiga nama ini, (siapa) bang," tanya Abraham.

"Kan ada Cak Imin juga dan nama-nama lai. Intinya kami tidak membatasi supaya semua punya kesempatan yang sama," kata Riza.

Seperti diketahui, Riza Patria jadi Wagub DKI mendampingi Anies Baswedan. Masa jabatan Riza menemani Anies memimpin DKI sejak 15 April 2020 hingga 16 Oktober 2022. Riza menggantikan posisi Sandiaga Uno yang mundur dari Wagub DKI karena maju sebagai cawapres di Pilpres 2019.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya