Harapan AHY ke KPU dan Bawaslu: Menjalankan Tugasnya Secara Independent

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Politik – Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), meminta Komisi Pemilihan Umum atau KPU dan Badan Pengawas Pemilu atau Bawaslu, bersikap independent dan netral. AHY mengingatkan agar jajaran penyelenggara pemilu tersebut menjalankan amanah yang diembannya di Pemilu 2024.  

Kuasa Hukum KPU Kena Tegur Komisioner Gegara Salah Artikan Pemohon dan Termohon

Demikian disampaikan AHY saat menggelar konferensi pers di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Kamis, 12 Januari 2023.

Gedung KPU (Komisi Pemilihan Umum)

Photo :
  • vivanews/Andry Daud
Cek Fakta: Iwan Fals Bawakan Lagu Dinasti Jokowi saat Konser

Mulanya, AHY menyampaikan saat ini Indonesia sudah masuk tahun politik. Sejumlah tahapan pemilu pun sudah dilewati. Mulai pendaftaran partai politik, verifikasi administrasi dan faktual, kemudian pengundian dan atau penetapan nomor urut peserta pemilu.

“Kami juga berharap pada akhirnya kita bisa menyusun DCS (Daftar Calon Sementara), DCT (Daftar Calon tetap), masuk ke masa kampanye nasional dan seterusnya sampai ada sebuah momentum yaitu pendaftaran dan penetapan pasangan capres dan cawapres,” kata AHY. 

KPU Tegaskan Caleg Terpilih Tak Harus Mundur dari Jabatan jika Ikut Pilkada, Begini Aturannya

Kantor Bawaslu RI di Jakarta

Photo :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

AHY mengatakan, meski penyelengaraan pemilu telah menghadirkan banyak sekali diskursus publik, ia tetap berharap semua tahapan pemilu bisa berjalan dengan lancar.

Putra Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY itu, tidak ingin ada keberpihakan dari penyelenggara pemilu terhadap kelompok tertentu.

“Partai Demokrat juga berharap agar KPU dan Bawaslu bisa menjalankan amanah dan tugasnya secara independent, netral dan mengedepankan asas-asas yang penuh dengan keadilan dan kejujuran. Kami tidak ingin ada keberpihakan terhadap golongan dan kelompok tertentu. Kami tentu ingin segala sesuatunya berlanjut dengan baik dan damai,” jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya