Parameter yang Bikin Erick Thohir Jadi Menteri Termoncer Versi Netizen

Menteri BUMN, Erick Thohir.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Politik - Survei yang dilakukan MediaWave melaporkan temuan terkait kinerja menteri di Kabinet Indonesia Maju. Temuan survei itu setelah dilakukan monitoring, analisis percakapan, dan pemberitaan media sosial soal menteri di kabinet pemerintahan.

Bantah Selingkuh, Rizky Nazar Tantang Netizen Buktikan Video Ciuman dengan Salshabilla Adriani

Dari survei yang dilakukan di penghujung tahun pada 1-31 Desember, diketahui ternyata Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir menempati urutan teratas sebagai menteri terbaik Jokowi versi pilihan netizen di penghujung 2022. 

MediaWave juga menganalisa persepsi publik yang terbagi jadi 3 parameter. Ketiga parameter yang dimaksud yakni sentimen positif, sentimen negatif dan sentimen netral.

Erick Thohir : Satu Game Lagi Sudah Kunci ke Olimpiade, Kalau Dua Game Kita Juaranya

Kemudian dibuat suatu formulasi yang dinamakan Earned Media Share of Sentiment' atau disingkat dengan EMSS.

Netizen Korea Selatan Ingin Orang Ini Mundur Usai Kalah dari Indonesia U-23
 

MediaWave menjelaskan formula EMSS menghitung seberapa besar percakapan dan Net Sentiment terhadap menteri. Adapun semakin besar persentase EMSS suatu menteri, maka menteri tersebut dapat porsi jumlah percakapan yang besar serta sentimen positif cukup tinggi. 

Dari temuannya, diketahui Erick Thohir mendapatkan 23,11 persen EMSS. Hal itu didapat dari 220.518 percakapan.

Menurut netizen, sosok Erick punya beberapa catatan prestasi. Erick pernah sabet penghargaan menteri terbaik dalam CNBC Indonesia Awards 2022. Lalu, merujuk survei Lembaga SPIN, Erick juga dianggap sebagai cawapres yang bisa memenangkan Prabowo Subianto di 2024.

Kemudian, temuan survei Poltracking Indonesia, figur Erick juga dianggap sebagai salah satu menteri dengan kinerja moncer. 

Menteri BUMN Erick Thohir.

Photo :
  • Dok. Kementerian BUMN

Kiprah Erick yang jadi perhatian adalah dipercaya merancang Konsep Festival Budaya pada pernikahan putra Presiden, Kaesang Pangarep. Dalam kepeduliannya di bidang olahraga, Erick juga pernah menyoroti PSSI mesti dibongkar total demi menciptakan ekosistem sepak bola nasional lebih baik.

Dalam dinamikanya, pengusaha nasional itu juga digadang-gadang layak berduet dengan sejumlah tokoh di Pilpres 2024. Salah satunya, Erick dianggap layak jadi cawapres Ganjar Pranowo. Baik Ganjar dan Erick dinilai punya kecocokan.

Selain Erick, ada 4 menteri lain yang dianggap masuk jadi menteri terbaik Jokowi. Dari hasil analisis, berikut 4 daftar menteri terbaik di media sosial yaitu Menteri Sosial, Tri Rismaharini, dengan EMSS: 2.67 persen dan total percakapan 8,750, Menteri Agraria dan Tata Ruang, Hadi Tjahjanto EMSS: 1.82 persen dan total percakapan: 4,423.

Lalu, Menteri Kesehatan, Budi Gunadi dengan EMSS: 1.39 persen dan total percakapan: 6.284. Kemudian, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dengan EMSS: 1.34 persen total percakapan: 76.585.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya