KPU Ungkap Harapan dan Tantangan Pemilu 2024

Webinar Kemendagri Anggota KPU
Sumber :
  • Tangkapan Layar

VIVA Politik – Webinar Partisipasi Organisasi Kemasyarakatan dalam Pendidikan Pemilih Cerdas untuk Mewujudkan Pemilu Berkualitas Tahun 2024

Elite PAN soal PKB-Nasdem Gabung Prabowo: Ini Masih Perubahan atau Keberlanjutan? 

Webinar Partisipasi Organisasi Kemasyarakatan dalam Pendidikan Pemilih Cerdas untuk Mewujudkan Pemilu Berkualitas Tahun 2024 yang digelar Kementerian Dalam Negeri secara virtual melalui zoom dan kanal resmi Youtube Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri.

Komisioner Bawaslu Muhammad Afifudin (kanan) berbincang dengan Komisioner KPU Hasyim Asyari (kiri) saat konferensi pers terkait dugaan surat suara tercoblos di Malaysia di Jakarta,

Photo :
  • ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Webinar tersebut dipimpin langsung Kepala Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintah Umum (Ditjen Polpum), Kementerian Dalam Negeri, Bakhtiar. Salah satu narasumber adalah Anggota KPU RI, M, Afifudin.

Di dalam webinar tersebut Afifuddin mewanti-wanti untuk seluruh partai menjaga stabilitas politik mejelang pemilu 2024, karena pemilu ini akan diselenggarakan untuk pertama kalinya dilakukan secara serentak.

MK Sebut Hakim Arsul Sani Bisa Tangani Sengketa Pileg PPP

Hal ini disampaikan Afif dalam diskusi Kemendagri dengan tema 'Partisipasi organisasi kemasyarakatan dalam pendidikan pemilih cerdas untuk mewujudkan pemilu berkualitas tahun 2024',-Ujarnya

Afif mengatakan Pilkada yang juga digelar pada 2024, mengharuskan parpol untuk berkoalisi, sehingga latihan di Pilpres harus diakhiri.

"Pemilu serentak ini baru pertama kali dilakukan, artinya ketegangan-ketengan di dalam proses pemilihan nasional, calon dewan dan seterusnya itu harus segera diakhiri, karena pada saat bersama teman-teman sekalian harus melakukan kerjasama di dalam proses pilkada gitu," kata Afif.

Ilustrasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI

Photo :
  • vivanews/Andry Daud

“Jadi harapan kita itu ada cooling system yang otomatis karena teman-teman parpol atau siapapun akan menghadapi Pilkada di situasi yang tidak terlalu lama usai pemilu selesai, bahkan beberapa tahapannya beririsan, tentu ini eksperimen yang harus kita jaga betul, agar benar-benar sesuai dengan yang kita harapkan," lanjut Afif.

Kemudian, Afif menyampaikan sejumlah tantangan di Pemilu 2024. Afif menyebut proses gugatan di Bawaslu dan Mahkamah Konstitusi akan menjadi bagian dari tantangan Pemilu 2024.

Afif mengakui dalam sistem KPU belum sepenuhnya sempurna. Meski begitu, dia mengatakan diminta terus berupaya untuk memperbaiki hal tersebut.

Tantangan dan Hambatan KPU

Photo :
  • Tangkapan Layar

"Tidak mungkin pekerjaan 100 persen sempurna, dan kami mengakuinya, dan kami mendorong agar kami semua mendapatkan dukungan dari bapak ibu sekalian, seluruh pihak dapat memberikan masukan," ujarnya.

Terakhir, Afif mengatakan pengadaan logistik juga menjadi tantangan KPU di Pemilu 2024. Penyelesaian, saat ini KPU telah melakukan penangkapan daerah pelosok untuk distribusi logistik.

“Kemudian masalah logistik jadi tantangan kita, distribusi, kecepatan pengadaan, pengiriman dan seterusnya,” ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya