Pengakuan Surya Paloh yang Makin Dekat Dengan KIB

Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto bertemu dengan Ketum Nasdem Surya Paloh di DPP Golkar.
Sumber :
  • Dok. Golkar

VIVA Politik – Meskipun Partai Nasdem sedang membangun Koalisi Perubahan bersama Demokrat dan PKS, tetapi Ketua Umum Surya Paloh mengakui kedekatan dengan Partai Golkar. Dimana Golkar juga membangun koalisi bersama PPP dan PAN dalam Koalisi Indonesia Bersatu atau KIB.

Sebut Sahabat Lama, Prabowo Unggah Foto Ketemu Surya Paloh Deklarasi Nasdem Bergabung

Rabu 1 Februari 2023, Surya Paloh pertama kalinya mendatangi DPP Golkar dan disambut Ketua Umum Airlangga Hartarto bersama jajaran elit Partai Golkar lainnya.

Surya Paloh mengakui, punya kedekatan dengan Golkar. Bahkan ia mengatakan adalah alumni Golkar. Karir politiknya lama berada di Golkar.

Sandiaga Akui Sarankan PPP Segera Gabung ke Koalisi Prabowo-Gibran

Mengenai kemungkinan koalisi, Surya Paloh tidak menampik karena masih bisa berubah. 

“Kita akan lihat ke depan bersama-sama dengan spirit kebersamaan yang semakin dekat satu sama lain,” ujar Surya Paloh di DPP Golkar, Rabu 1 Februari 2023.

Prabowo Gandeng PKB dan Nasdem, Gibran: Ini Bukan Meninggalkan PDIP

Kemungkinan koalisi itu juga, belum ditegaskan oleh Airlangga. Kunjungan Partai Nasdem ke Golkar adalah sebagai sebagai kunjungan balasan yang dilakukannya beberapa waktu lalu di Nasdem Tower.

"Pertama tentu terkait dengan posisi dari Partai Golkar dan Nasdem," kata Airlangga. Bahwa ke depan akan ada kemungkinan membahas koalisi, bisa saja terjadi. Apalagi kedua partai telah membangun barisan koalisi masing-masing.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh mengatakan terbuka kemungkinan Nasdem akan berkoalisi dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang digawangi Golkar, PAN dan PPP untuk Pemilu Presiden 2024. 

Hal itu ditegaskan Surya Paloh saat menggelar pertemuan dengan Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto di Kantor DPP Golkar, Jalan Anggrek Neli Murni, Jakarta Barat, Rabu 1 Februari 2023.

Menurut Surya Paloh, kerja sama Nasdem dan Golkar merupakan kerjasama dua partai politik besar dan sangat mungkin terjadi. Rencana koalisi masih dijajaki. 

"Kenapa nggak yang (partai) lain, yang lain kita memang baru mencoba ya, baru mencoba," kata Surya Paloh.

"Apakah perlu mungkin akan bergabung dengan KIB? Ya sama-sama mungkin, KIB bergabung dengan NasDem kan, jadi probability kemungkinan itu masih terbuka," sambungnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya