Menteri Perdagangan: Satu Abad NU Ini Kita Jadikan Bangkitnya Ekonomi Nahdliyin

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (tengah) didampingi Wakil Bupati Trenggalek Muhamad Syah Nata Negara (kedua kiri) saat istigosah kubro di kantor NU Trenggalek dalam rangkaian peringatan Satu Abad NU di Trenggalek, Senin, 6 Februari 2023.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA Politik – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mendorong pertumbuhan ekonomi di kalangan Nahdliyin yang ada di daerah-daerah termasuk di Trenggalek untuk meningkatkan daya saing di era digital saat ini.

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi

Pesan dan harapan itu disampaikan Zulhas, panggilan akrabnya, saat menghadiri istigosah kubro di kantor PCNU Trenggalek dalam rangkaian peringatan Satu Abad Nahdlatul Ulama (NU) di Trenggalek, Senin, 6 Februari 2023.

"Kemarin saya membuka Seminar Himpunan Pengusaha Nahdliyin, maka saya bilang ayo satu abad NU ini kita jadikan bangkitnya ekonomi nahdliyin. Ini upaya bersama agar bapak-bapak an ibu-ibu lebih produktif an memiliki daya saing," kata Zulhas saat memberi pidato sambutan.

Punya Banyak Proyek Properti di Bandung Raya, APLN Pede Kuasai Pasar Jawa Barat

Peserta memanjatkan doa ketika mengikuti Harlah ke-73 Muslimat Nahdlatul Ulama (NU), doa bersama untuk keselamatan bangsa dan maulidrrasul di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Menurut dia, salah satu fondasi kekuatan ekonomi daerah bertumpu pada pengembangan produk-produk lokal.

BI Catat Modal Asing Kabur dari RI Pekan Keempat April Capai Rp 2,47 Triliun

Dengan manajemen pemasaran yang baik dan didukung kemajuan teknologi digital, produk lokal pun diyakini bisa merambah pasar global.

Namun hal ini juga harus didukung kualitas yang baik demi meningkatkan daya saing di pasaran lokal, nasional maupun internasional.

Untuk mewujudkan itu perlu kolaborasi yang apik dan dukungan semua pihak. Misalnya, membantu mempertemukan produk skala kecil di tingkat atasnya.

Ilustrasi UMKM.

Photo :

"Jangan nanti ada ritel modern disini mengambil barangnya dari Jakarta. Harus mengambil dari NU yang ada di Trenggalek. Kadang-kadang modal tidak ada kita temukan minta bisa memanggil BRI bisa memanggil perbankan modal ada KUR namanya," imbuhnya.

Dengan pertumbuhan ekonomi yang baik, Zulhas meyakini akan mendorong peradaban yang lebih hebat dan maju.

Untuk mendorong pertumbuhan ekonomi itu salah satunya adalah membantu skala-skala produk kecil yang berpotensi untuk didorong pertumbuhannya.

"Jadi kita umat ini penting bersatu. Kala kita kuat dan kokoh nantinya menang, umat ini kuat kita bisa konversi menjadi kekuatan ekonomi," katanya.

Menurutnya produk-produk lokal sudah banyak yang bisa meraih pangsa pasar mancanegara. Dia mencontohkan singkong ketela jika dikelola dengan baik, di antaranya seperti kemasan yang menarik bisa memiliki nilai lebih.

Secara global, pihaknya juga mendidik bagi yang ingin ekspor dengan memanggil lembaga ekspor supaya lebih terampil dan usahanya berkembang. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya