Gagasan Perubahan dari Koalisi Perubahan sedang Dibahas, Kata Juru Bicara PKS

Juru Bicara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Muhammad Kholid.
Sumber :
  • Istimewa.

VIVA Politik – Juru Bicara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Muhammad Kholid membantah pernyataan politikus PDIP Masinton Pasaribu bahwa Koalisi Perubahan tidak memiliki ide perubahan. Sejumlah gagasan maupun ide perubahan terus dibahas oleh Koalisi Perubahan, katanya. 

Ramalan Prabowo "PKB akan Hadir Kembali" Segera Terwujud, Menurut Pengamat

Hanya saja, gagasan tersebut belum disampaikan ke publik lantaran Koalisi Perubahan yang terdiri dari Partai Nasdem, Demokrat dan PKS ini tengah fokus pada hal lain, salah satunya mengenai presidential threeshold 20 persen.

"Gagasan itu dibicarakan ya, tapi sebelum kita bicarakan gagasan lebih jauh, di Koalisi Perubahan itu juga kita membicarakan banyak hal salah satunya ada 4P: terdiri dari platform, desain pemerintahan ke depan, pasangan capres dan cawapres, serta bagaimana pemenangan," kata Kholid seperti dikutip dari talkshow Polemik bertajuk 'Tarik Menarik Safari Politik' di YouTube MNC Trijaya, Jumat, 10 Februari 2023.

PKS Usung Imam Budi Hartono Jadi Bakal Calon Wali Kota Depok, Ahmad Syaikhu: Kinerjanya Bagus

Tim kecil dari Nasdem, Demokrat, PKS serta Anies Baswedan bertemu.

Photo :
  • VIVA.co.id/Ahmad Farhan Faris

"Tentu akan ada waktunya kita sampaikan gagasan tersebut, karena kita masih dalam tahapan untuk bagaimana mensolidkan sampai 20 persen. Jadi persyaratan presidential threshold 20 persen ini yang harus kita kejar lebih dulu," katanya.

Ada Kesan Anies Baswedan Mulai Ditinggalkan Partai Pendukungnya, Menurut Pengamat

Jika sudah mengantongi boarding pass dan memenuhi persyaratan presidential threeshold 20 persen, maka lanjut Kholid, Koalisi Perubahan akan segera mengumumkan gagasan perubahannya kepada publik.

Politikus PDIP Masinton Pasaribu menilai komunikasi dalam koalisi yang dibangun sejumlah partai politik (parpol) saat ini masih dalam tahap penjajakan saja. Ia sempat menyinggung salah satu koalisi, yakni Koalisi Perubahan, yang terdiri dari Partai Demokrat, Partai Nasdem, dan PKS.

Masinton mengatakan, perubahan yang digadang-gadang dalam Koalisi Perubahan ini hanya terdengar dari namanya saja. Sementara ide-ide perubahan belum sama sekali diungkap ke publik.

Safari politik Anies Baswedan bersama Partai Nasdem.

Photo :
  • Partai Nasdem

"Kalau kita bicara yang namanya perubahan, koalisinya ada, tapi ide perubahannya enggak ada. Kan tidak dan kita lihat perubahannya itu. Ini yang unik di Republik ini, koalisinya bicara perubahan, tapi ide perubahannya enggak ada kan gitu," ujar Masinton seperti dikutip dari talkshow Polemik bertajuk 'Tarik Menarik Safari Politik' di YouTube MNC Trijaya, Jumat, 10 Februari 2023.

Menurut Masinton, partai politik dalam koalisi tersebut harusnya lebih dulu menyamakan ide-ide cemerlang untuk perubahan Indonesia. Bukannya membangun koalisinya terlebih dahulu. Sebab, ide-ide itulah yang akan dipertanyakan oleh publik.

"Harusnya disamakan dulu ide perubahannya, baru membangun koalisinya. Nah ini kita enggak tahu perubahannya soal apa, publik tidak disuguhkan perubahan apa sih, bagaimana ide besar koalisi perubahan? Apa yang ingin diubah?" ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya