PKS Resmi Dukung Anies, Demokrat: Deklarasi Koalisi Perubahan Tinggal Tunggu Waktu

Kepala Badan Komunikasi Strategis DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA Politik – Partai Demokrat memberikan respon mengenai langkah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang telah mendeklarasikan Anies Baswedan untuk maju sebagai calon presiden (capres) di Pilpres 2024. Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra mengatakan, Demokrat menghormati setiap keputusan proses dan mekanisme di internal masing-masing parpol mitra koalisi perubahan

Anies soal Tawaran Bikin Partai Perubahan: Itu Kreativitas Orang di Medsos

"Kalau bagi kami, Partai Demokrat, tahapan selanjutnya adalah deklarasi Koalisi Perubahan secara bersama-sama oleh ketiga parpol. Tentunya ini didahului oleh penandatanganan kesepahaman oleh ketiga ketua umum parpol anggota koalisi perubahan, mengenai komitmen bersama memperjuangkan perubahan dan perbaikan," kata Herzaky kepada wartawan dalam keterangannya Jumat 24 Februari 2023.

Tim kecil dari Nasdem, Demokrat, PKS serta Anies Baswedan bertemu.

Photo :
  • VIVA.co.id/Ahmad Farhan Faris
Zulhas Respons Soal PKB-Nasdem Merapat ke Prabowo: Dulu Saya Dukung Katanya Pengkhianat

Menurut Herzaky, Demokrat sendiri sudah menyatakan secara tegas mendukung Anies Baswedan sebagai Capres di 2024 pada akhir bulan Januari lalu. Sehingga tak perlu ada lagi deklarasi sebab mekanisme penentuan koalisi dan capres juga sudah selesai di Internal Partai Demokrat.

"Untuk deklarasi dari Demokrat, sudah tuntas dengan pernyataan Ketum AHY di akhir Januari lalu. Begitu pula dengan mekanisme internal Demokrat dalam menentukan koalisi dan capres. Sudah selesai," ujar Herzaky

Cak Imin Harap Kerja Sama Koalisi Perubahan Berlanjut di Pilkada Aceh

Sementara terkait siapa sosok Cawapres yang akan mendampingi Anies Baswedan di 2024, Partai Demokrat tak memaksakan harus AHY yang menjadi Cawapresnya. Partai  Demokrat menyerahkan sepenuhnya kepada Anies mengenai sosok yang dipilih sebagai Cawapres.

"Apalagi terkait urusan bacawapres, sudah final. Seperti yang disampaikan oleh Ketum kami, Mas AHY, dipercayakan sepenuhnya kepada Bacapres Koalisi Perubahan, Anies Baswedan, untuk menentukannya," kata Herzaky

Herzaky menambahkan, Partai Demokrat bersama PKS dan juga NasDem telah siap untuk melakukan deklarasi bersama dalam Koalisi Perubahan. Namun saat ini masih menunggu waktu yang tepat.

"Terakhir, untuk Deklarasi Bersama tiga parpol Koalisi Perubahan, Demokrat sudah siap. Tinggal menunggu kesepakatan bersama ketiga parpol mengenai timing yang tepat," kata Herzaky

Sebelumnya diberitakan, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi mendeklarasikan dukungan terhadap eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk maju sebagai calon presiden (capres) di Pilpres 2024. Deklarasi disampaikan langsung Presiden DPP PKS Ahmad Syaikhu.

Anies Baswedan bersama Presiden DPP PKS Ahmad Syaikhu di kantor DPP PKS.

Photo :
  • Dok. PKS

Syaikhu mengatakan deklarasi terhadap Anies itu berdasarkan hasil Musyawarah Majelis Syuro VIII PKS. "Alhamdulillah, pembahasan mengerucut pada sosok yang dimaksud Anies Rasyid Baswedan. Kita usung beliau menjadi tokoh nasional. Dan, Allah takdirkan sebagai presiden," kata Syaikhu di Kantor DPP PKS, di Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Kamis, 23 Februari 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya