PKS Sebut Koalisi Perubahan Tak Gentar Lawan Koalisi Besar PDIP-KIB-KIR

Sekjen Partai Keadilan Sejahtera atau PKS Habib Aboe Bakar Alhabsyi
Sumber :
  • Dok. Istimewa

VIVA Politik – Sekretaris Jenderal PKS, Habib Aboe Bakar Alhabsyi, menyatakan Koalisi Perubahan tidak akan gentar menghadapi Kaolisi Besar di Pilpres 2024. Menurut Aboe, Koalisi Perubahan yang digagas PKS, Nasdem dan Demokrat bakal menghadapi Koalisi Besar dengan sportif.

Koalisi Besar ini maksudnya gabungan dari PDIP, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bentukan Golkar, PAN dan PPP serta koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR) bentukan Gerindra-PKB. Jika Koalisi Besar ini terbentuk, maka Pilpres 2024 hanya akan diisi oleh dua pasangan capres-cawapres.

"Kalau memang ternyata ditakdirkan oleh Allah terjadi 2 pasangan, Kami hadapi dengan suasana santai, berkeluarga, bersaudara demi kepentingan NKRI," kata Aboe, Sabtu, 25 September 2023.

Nasib Jokowi di PDIP, Kaesang Pangarep Tidak Ingin Ikut Campur: Itu Urusan Partai Lain

Anies Baswedan berkumpul dengan Elite Partai Koalisi Perubahan di DPP Demokrat

Photo :
  • Dok. Istimewa

Gelar Konsolidasi, Megawati Minta Kader PDIP Disiplin, Jujur dan Turun ke Rakyat

Hanya saja, ditekankan Aboe, pihaknya tetap berharap Pilpres 2024 diisi oleh tiga pasangan capres-cawapres. Hal tersebut untuk mencegah polarisasi terlalu dalam di masyarakat.
Megawati Panaskan Mesin Politik PDIP, Pimpin Konsolidasi untuk Pilkada 2024


"Cuma kalau di grup kami ini kasarnya dari Tim Perubahan menuju perbaikan dan persatuan ini, ingin kalau bisa 3 pasang supaya polarisasi dan gesekan tidak terlalu kencang," kata Aboe.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengungkapkan peluang 'Koalisi Besar' di Pilpres 2024. Menurut Hasto, adanya koalisi besar akan memberikan dampak yang positif kepada masyarakat dan bangsa Indonesia.

"Ya 'Koalisi Besar' namanya besar kan bagus. Namanya Koalisi Besar kan sesuatu hal yang sangat baik karena problematika rakyat kita terkait dengan pandemi kan belum usai meskipun pertumbuhan ekonomi kita menunjukan prestasi yang menggembirakan," kata Hasto di Sekolah PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Kamis, 23 Februari 2023.

PDIP bakal berkoalisi dengan partai lain di Pilpres 2024, meski PDIP sebenarnya dapat mengusung pasangan capres-cawapres sendiri karena telah memenuhi persyaratan presidential threshold 20 kursi di parlemen. Hanya saja PDIP sudah menutup pintu berkoalisi dengan Nasdem, Demokrat dan PKS yang sedang menggagas Koalisi Perubahan. Sebab, bakal capres Koalisi Perubahan, Anies Baswedan dinilai antitesa dari Presiden Joko Widodo.

Dengan begitu, PDIP berpeluang berkoalisi dengan dengan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bentukan Golkar, PAN dan PPP atau berkoalisi dengan Gerindra-PKB dalam koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR). Pilihan lainnya yakni membuat Koalisi Besar yang terdiri PDIP, KIB dan KIR. Apalagi partai-partai yang tergabung dalam koalisi tersebut merupakan partai pendukung pemerintahan Jokowi-Ma'ruf.

"Kalau partai-partai kemudian bersatu (berkoalisi), itu kan juga suatu hal yang sangat baik," kata Hasto.
Prabowo dan Megawati

Megawati Belum Putuskan soal Usulan Kerja Sama dengan Prabowo

Ketua DPP PDIP Said Abdullah merespons pernyataan sejumlah pihak yang medorong kerjasama antara PDIP dengan Prabowo Subianto selaku presiden terpilih 2024-2029.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024