Jajaki Peluang Koalisi di 2024, PPP Rayu PDIP hingga PBB

Muhamad Mardiono Plt Ketua Umum PPP
Sumber :
  • VIVA/Rosikin

VIVA Politik - Petinggi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menjadwalkan pertemuan dengan elite PDI Perjuangan pada pekan depan. Pertemuan untuk membahas sejumlah hal berkaitan dengan dinamika politik menjelang Pilpres 2024.

Menteri PUPR Basuki Lapor ke Jokowi Tidak Mau Maju di Pilkada Jakarta

Hal tersebut disampaikan Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono kepada wartawan, Rabu, 8 Maret 2023,

“Ya dalam waktu, mungkin minggu depan ya. Mungkin setelah tanggal 15 Maret 2023 baru akan minta waktu ke PDIP untuk berkunjung,” kata Mardiono. 

Hakim Arief Heran Tanda Tangan Surya Paloh Berbeda di KTP dengan Surat Kuasa

Mardiono menjelaskan, pertemuan antara elite dua parpol itu dalam rangka menyongsong Pemilu 2024. Bagi dia, hal itu biasa dalam politik. 

Namanya Masuk Bursa Cagub DKI Jakarta, Menteri Basuki Buka Suara

Menurut dia, setelah PDIP, Mardiono juga menyebut pihaknya akan bertemu dengan pengurus Partai Bulan Bintang (PBB).

“Mungkin ke PBB dengan Pak Yusril. Saya kabari. Dalam waktu dekat ini,” kata Mardiono.

Mardiono tak menampik jika rencana pertemuan dengan elite PDIP hingga PBB itu dalam rangka penjajakan koalisi Pilpres 2024. Namun, ia belum bisa mengungkap lebih jauh. “Ya, tentu peluang-peluang membahas soal perpolitikan nasional kita,” ujarnya.

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan Ketua Majelis Pertimbangan PPP Romahurmuziy.

Photo :
  • Instagram @romahurmuziy

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengakui belum lama ini bertemu dengan  Ketua Majelis Pertimbangan PPP Romahurmuziy atau Romy. Pertemuan itu terjadi di kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta, Rabu, 1 Maret 2023.

Hasto mengatakan, antara PDIP dan PPP seperti tetangga karena kantor DPP dua parpol tersebut persis bersebelahan di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat,

"Kita kan saling bertemu dengan PPP. Apalagi kita tetangga. Tinggal ketuk pintu tetangga, kita bertemu," kata Hasto menanggapi pertanyaan wartawan, Senin, 6 Maret 2023.

Adapun dalam dinamikanya, PPP merupakan anggota parpol di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB). Selain PPP, ada Golkar dan PAN. Sementara, PDIP sejauh ini belum meresmikan koalisi menuju 2024.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya