Pengamat Sarankan PDIP Segera Deklarasikan Puan Capres, Ini Alasannya

Megawati Diapit Kedua Anaknya, Puan Maharani dan Prananda Prabowo.
Sumber :
  • PDI Perjuangan

VIVA Politik - PDI Perjuangan (PDIP) disarankan segera mendeklarasikan bakal calon presiden untuk Pemilu 2024. Ketua DPR Puan Maharani merupakan salah satu figur kader yang digadang-gadang potensial jadi capres PDIP.

Kritik Menohok Masinton soal Ide Presidential Club: Omon-omon Ketemu, Terus Ngapain?

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah menyebut Puan memenuhi syarat sebagai capres PDIP. Hal itu didukung PDIP yang sudah memiliki tiket sendiri dalam mengusung pasangan capres-cawapres 2024.

“Kader loyal dan miliki ikatan kebatinan dengan ideologi Bung Karno, itu mengarah pada sosok Puan Maharani,” kata Dedi, Senin, 13 Maret 2023.

Pakar Ragukan Ide Presidential Club Prabowo: Ada Tembok Tebal yang Susah Diterabas

Menurut Dedi, selain kader yang dinilai lebih terjamin loyalitasnya, Puan juga terbukti tidak terlalu ambisius dan ngotot untuk maju pada gelaran Pilpres 2024.

Ganjar: Manusia Mati Sekali tapi kalau Politisi Bisa Mati Berkali-kali

Dia mengatakan demikian karena Ketua DPR RI itu taat pada aturan main dan keputusan PDIP. Meski posisi penting di partai tapi Puan paham urusan pencapresan menunggu keputusan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

“Hal ini bisa saja bukti kepatuhan Puan pada keputusan ketua umum PDIP,” ujarnya.

Ketua DPR RI sekaligus Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani

Photo :
  • VIVA/Edwin Firdaus

Lagipula, kata Dedi, jika Puan Maharani segera dideklarasikan justru PDIP akan diuntungkan.

“Karena bisa mendapat kepastian pemilih lebih awal, sehingga bisa digunakan untuk susun strategi pemenangan lebih awal pula,” ujarnya.

Puan merupakan salah satu kader PDIP yang masuk dalam bursa capres dan cawapres versi survei. Ketua DPR RI itu juga sudah punya barisan relawan pendukungnya yang siap mengawal menuju Pilpres 2024.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya