Bamsoet Tegaskan Ajang Formula E di Jakarta Digelar Tak Pakai Uang Negara

Bambang Soesatyo
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Politik – Ketua Panitia Pengarah atau Steering Committee (SC) Formula E, Bambang Soesatyo alias Bamsoet, menegaskan bahwa penyelenggaran ajang Formula E tak menggunakan uang negara. 

Bamsoet Dukung Prabowo-Gibran Rangkul Parpol di Luar KIM Demi Indonesia Emas

Hal itu ditegaskan Bamsoet usai menggelar pertemuan dengan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono untuk membahas ajang Formula E di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa, 14 Maret 2023.

"Jadi, intinya saya sampaikan sesuai arahan Gubernur, arahan Presiden, acara ini adalah B2B (bussiness to bussiness); sama sekali tidak memakai, sekali lagi [tidak menggunakan] APBN maupun APBD," kata Bamsoet kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta.

MK Nyatakan Penyaluran Bansos Tidak Ada Hubungan Kausalitas dengan Pilihan Pemilih

Balap Formula E Jakarta

Photo :
  • Dok: FIA Formula E

Formula E, kata Bamsoet, kembali diselenggarakan dengan melihat hasil evaluasi sebelumnya, termasuk soal pembahasan anggaran. Dia menegaskan anggaran Formula E sebelumnya telah diaudit hingga tuntas.

Ketua MPR: Putusan MK Menjadi Akhir dari Berbagai Upaya Hukum Konstitusional

"Start from zero, buku yang kemarin sudah selesai, sudah diaudit, sudah disampaikan kepada para pihak. Kami juga start from zero, sehingga nanti buku baru (anggaran Formula E) tidak boleh ada celah hukum sedikit pun yang bisa menimbulkan persoalan," ungkapnya.

"Makanya dari awal saya sudah minta tolong untuk melakukan pendampingan. Jakpro juga saya minta, Kajati juga untuk melakukan pendampingan. Perencanaan adalah B2B, bussiness to bussiness ini adalah sport tourism--intinya itu," kaat Bamsoet.

PT Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) tengah mempersiapkan diri untuk menyelenggarakan Formula E 2023. Ajang balap mobil listrik ini rencananya akan digelar pada 3-4 Juni 2023.

Deretan Pembalap Formula E di FP1 Jakarta E-Prix

Photo :
  • AP Photo /Achmad Ibrahim

Salah satu langkah yang dilakukan Jakpro ialah  mencari dana sponsor penyelenggaraan Formula E 2023. Sejumlah perusahaan swasta hingga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) turut didekati dalam pencarian sponsor ini. 

"Kita sudah beberapa sudah kita dekati. Ada swasta, ada yang juga BUMN. Tapi masih terlalu dini," kata Vice President Corporate Secretary PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Syachrial Syarif kepada wartawan, seperti dikutip, Selasa, 21 Februari 2023.

Kendati demikian, Syachrial enggan membeberkan nama perusahaan swasta dan BUMN yang didekati dalam upaya pencarian sponsor ini. Ia hanya menegaskan, pencarian sponsor sudah masuk dalam timeline penyelenggaraan Formula E.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya