Anas Urbaningrum Bakal Bebas, Ruhut: Welcome Home, AHY Dkk Perlu Waspada

Politikus PDIP Ruhut Sitompul.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

VIVA Politik - Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum dijadwalkan akan bebas dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin pada Selasa hari ini. Bebasnya Anas jadi sorotan karena dikaitkan rekam jejak politiknya.

Hasto Bilang PDIP Tetap Pilih Jalan Ideologis Bersatu dengan Rakyat

Mantan politikus Demokrat Ruhut Sitompul menilai Anas masuk jeruji besi karena tak mendengarkan saran dari sejumlah pihak termasuk dirinya. Dia menyinggung istilah Demokrat saat itu yakni 'katakan tidak pada korupsi'.

"Saya hanya bisa bilang welcome home, selamat pulang. Karena Anas waktu itu kalau dia mendengar apa yang saya katakan mungkin tidak akan terjadi. Katakan tidak pada korupsi," kata Ruhut, Senin malam, 10 April 2023.

Surya Paloh Sambut Baik PKS Jika Ikut Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran

Ruhut mengaku sudah berkomunikasi dengan kawan-kawan dari Anas Urbaningrum. Dia yakin Anas tahu jalan terbaik yang akan ditempuh termasuk dalam langkahnya bergabung dengan partai politik.

Meski ia klaim dapat kabar jika eks Komisioner KPU itu kemungkinan gabung dengan loyalisnya yang berada di Demokrat versi Kongres Luar Biasa (KLB) pimpinan Moeldoko.

Anies Puji Konsistensi PKS Jadi Oposisi di Depan Surya Paloh dan Cak Imin

Baca Juga: Geram Moeldoko Cs Tantang Debat Trio Cikeas, Demokrat: Unfaedah, Kehaluan Luar Biasa

Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum menjalani sidang lanjutan Peninjauan Kembali (PK).

Photo :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarok A

Pun, dia mengingatkan agar kepengurusan Demokrat yang dipimpin Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) waspada terhadap manuver Anas. Dia mengatakan demikian karena sebagian pengurus DPP era AHY saat ini masih banyak yang baru.

"Jadi, AHY dan kawan-kawan perlu waspada. karena lingkungan AHY itu semua orang yang baru kemarin, Saya sudah tinggal di Demokrat, mereka belum di Demokrat," tutur Ruhut.

Ruhut menyebut sebagian pengurus DPP Demokrat saat ini masih 'buta' pemahaman soal partai berlabang mercy tersebut.

"Jadi, mereka masih sangat 'buta', Baik dari juru bicaranya, yang lain-lain lah itu semua," ujar politikus PDIP tersebut.

Lalu, dia menyinggung adanya tantangan debat dari kepengurusan Demokrat hasil KLB pimpinan Moeldoko dan Jhoni Allen Marbun.

"Tapi, kan Jhoni kan menantang debat, ya pasti babak belur semua, Jhoni kamus berjalannya Partai Demokrat," kata Ruhut.

Anas dijadwalkan keluar dari Lapas Sukamiskin, Jawa Barat sekitar pukul 14.00 WIB, Selasa hari ini. Para loyalisnya dari sejumlah elemen organisasi akan menjemput langsung Anas dari Lapas Sukamiskin.

Rencananya, Anas akan menyampaikan pidato khusus di depan para loyalis sahabat yang menjemputnya. Dari Lapas Sukamiskin, Anas dan massa yang menjemputnya akan silaturahim sekaligus buka bersama puasa di salah satu rumah makan di Cinunuk, Kabupaten Bandung.

Usai dari Cinunuk, Anas akan menuju ke kampung halamannya di Blitar, Jawa Timur untuk bertemu dengan sang ibunda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya