Ruhut Dapat Kabar Anas Urbaningrum Dirayu Jhoni Allen Gabung ke Demokrat Versi Moeldoko

Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarok A

VIVA Politik - Usai bebas dari lembaga pemasyarakatan, mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum jadi perhatian terkait langkah politiknya. Anas dikabarkan akan bergabung ke Partai Kebangkitan Nusantara (PKB) yang diketuai sahabatnya yaitu Gede Pasek Suardika.

Prabowo Pernah Bilang Demokrasi Sangat Melelahkan, Bamsoet Dorong Penyempurnaan UU Pemilu

Eks politikus Demokrat Ruhut Sitompul mengatakan sudah berkomunikasi dengan sejumlah loyalis Anas. Ia yakin mantan Ketum PB Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) itu tahu langkah terbaik untuk politiknya usai bebas.

Namun, ia dapat kabar jika Anas digoda Jhoni Allen Marbun agar gabung dalam Demokrat hasil Kongres Luar Biasa (KLB) Deli Serdang pimpinan Moeldoko. Bagi Ruhut, hal itu bukan mustahil karena antara Anas dengan Jhoni Allen memiliki kedekatan.

Hasto Bilang PDIP Tetap Pilih Jalan Ideologis Bersatu dengan Rakyat

Pun, menurut dia, beberapa kader Demokrat KLB Deli Serdang juga merupakan loyalisnya Anas.

"Walaupun saya dengar-dengar akan bergabung di kubu Demokrat Pak Moeldoko karena saya tahun timpeng atau tim penggeraknya di Pak Moeldoko itu sahabat kental dia, namanya Jhoni Alen Marbun. Pasti Jhoni mengajak dia," kata Ruhut, Selasa malam, 11 April 2023.

Surya Paloh Sambut Baik PKS Jika Ikut Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran

Ruhut Sitompul

Photo :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak

Ruhut menekankan Anas juga bisa ke PKN yang dipimpin Gede Pasek. Bahkan, kabarnya PKN juga sudah siapkan posisi untuk Anas.

Dia bilang PKN didirikan oleh beberapa mantan politikus Demokrat yang merupakan pengikut Anas dan berseberangan dengan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"PKN itu rasa kesalnya sama Demokrat, dia mau bikin saingannya, biasa lah. Lingkungan Anas juga ada, termasuk Gede Pasek. Tapi, nggak mudah membentuk partai baru," sebut Ruhut.

Meski demikian, Ruhut punya feeling Anas nanti bakal mendengarkan kata Jhoni Allen yang merupakan Sekjen Demokrat pimpinan Moeldoko. Sebab, Jhoni dianggapnya politikus yang paham seluk beluk Partai Demokrat.

"Feeling saya, dia akan sangat mendengar yang namanya Jhoni Allen Marbun. Kenapa? Karena Jhoni Allen Marbun yang paling menggebu-gebu sekarang? Karena dia yang paling banyak tahu Demokrat ini," tutur Ruhut.

Diketahui, Anas Urbaningrum bebas dari Lapas Sukamiskin pada Selasa, 11 April 2023. Massa simapatisan pendukung Anas ikut menjemputnya langsung ke Lapas Sukamiskin.

Selain mahasiswa dan alumni HMI, kolega Anas dari kalangan politikus juga hadir. Beberapa politikus itu seperti Anggota DPR Fraksi Nasdem Saan Mustofa hingga Ketua Umum PKN Gede Pasek Suardika.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya