Tak Ikuti Jokowi, Gibran Pilih Gelar Open House Lebaran: Dibolehkan Kok

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA Politik - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka akan menggelar open house Lebaran 2023 di rumah dinas Loji Gandrung, Solo pada 1 Syawal 1444 H. Keputusan tersebut berbeda dengan ayahnya yang juga Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Putuskan Dukung Prabowo-Gibran, Nasdem Siapkan Nama Untuk Menteri?

Jokowi sebelumnya menyatakan tak menggelar open house Lebaran pada perayaan Hari Raya Idul Fitri mendatang.

Gibran memastikan jika pada Hari Raya Idul Fitri nanti akan menggelar open house setelah melaksanakan Salat Ied di Balai Kota Solo. Setelah itu, ia dan keluarganya akan bergeser ke rumah dinas Loji Gandrung untuk menggelar open house yang pertama kalinya selama menjabat Wali Kota Solo.

Tunggu Majelis Syuro, PKS Akan Tentukan Ikut Koalisi atau jadi Oposisi Lagi

Heem dibolehkan kok (open house). Nanti Salat Ied sek nang kene (nanti Salat Ied dulu di balai kota) terus geser ke Loji. Silahkan open house,” kata dia kepada wartawan di Balai Kota Solo, Jumat, 14 April 2023.

Sejumlah Tokoh dan Pejabat Hadiri Open House Presiden Jokowi

Photo :
  • ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Partai Gelora Sindir PKS yang Mau Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

Dia pun mempersilahkan kepada masyarakat Solo untuk menghadiri acara open house di Loji Gandrung. Rencananya acara tersebut akan dimulai sekitar pukul 09.00 WIB hingga selesai. 

Bahkan, Gibran mengaku tak ada niatan untuk membatasi jumlah warga yang ingin bersilaturahmi saat open house nanti.

“Nek (kalau) open house sopo wae oleh (siapa saja boleh datang). Sampai jam berapa? Sampai maemane entek (makanannya habis),” ujarnya.

Adapun kegiatan open house yang digelar Gibran itu hanya berlangsung sehari. Setelah acara selesai, ia meminta untuk tidak mengganggu waktunya karena ingin menghabiskan waktu bersama keluarga pada momen Lebaran.

“Setelah open house meh leren ojo gangggu aku (mau istrihatan jangan menggangu saya). Tak leren sek, ojo kok ganggu, please," tuturnya.

Presiden Jokowi sebelumnya mengungkapkan saat Lebaran Idul Fitri tahun 2023, ia tak menggelar tradisi acara silaturahmi secara terbuka atau open house. Namun, Jokowi tak melarang bila ada pejabat atau masyarakat yang ingin melakukan tradisi open house saat Lebaran nanti.

Menurut Jokowi, memang 3 tahun terakhir ini masyarakat Indonesia tak dapat melaksanakan open house karena adanya pandemi virus COVID-19. Tapi, karena melihat penanganan pandemi COVID-19 yang mulai terkendali, Jokowi membolehkan jika masyarakat atau pejabat negara melakukan open house pada tahun ini.

"Ini kita kan sudah 3 tahun tidak buka puasa bersama, tidak open house, saya memberikan keleluasaan untuk semuanya bisa berjumpa dengan keluarga besarnya, bisa berjumpa dengan sahabat-sahabatnya, bisa berjumpa dengan tetangga-tetangganya," kata Jokowi, usai peresmian Hunian Milenial Untuk Indonesia, Kamis 13 April 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya