Elite PPP: Peluang Duet Ganjar-Sandiaga di Pilpres 2024 Terbuka

Menparekraf Sandiaga Uno dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Politik - Mencuat wacana Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo diduetkan dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno di Pilpres 2024. Wacana itu muncul pasca PPP mendeklarasikan dukungan terhadap Ganjar sebagai bakal capres.

Wakil Bupati Malang Daftar Jadi Calon Wali Kota Batu di DPC PDIP

Ketua DPP PPP Achmad Baidowi menilai peluang duet Ganjar dengan Sandiaga di 2024 terbuka lebar. Dia menyampaikan wacana duet itu juga muncul dari hasil simulasi sejumlah lembaga survei.

“Kalau terkait nama Pak Ganjar-Sandi itu peluang terbuka, karena memang muncul di beberapa lembaga survei," kata Awiek, sapaan akrabnya, dalam diskusi POLEMIK yang disiarkan secara daring, Sabtu, 29 April 2023.

PKB: Banyak yang Bilang Pertemuan Cak Imin dengan Prabowo Ibarat CLBK

Pun, dia menyampaikan partainya tengah menyiapkan agenda untuk bertemu PDI Perjuangan (PDIP). Kata dia, agenda bertemu dengan PDIP itu untuk melaporkan hasil rapat kerja nasional atau rakernas PPP yang megusung Ganjar Pranowo. 

Ketua DPP PPP, Achmad Baidowi.

Photo :
  • VIVA/Reza Fajri
Zulhas Respons Soal PKB-Nasdem Merapat ke Prabowo: Dulu Saya Dukung Katanya Pengkhianat

Dia mengatakan PPP perlu melakukan langkah itu karena Ganjar merupakan kader PDIP. Adapun soal Sandiaga Uno sebagai bakal cawapres belum menjadi pembahasan.

“Sekali lagi, hasil Rapimnas PPP calon wakil presidennya (cawapres) diserahkan ke DPP dan untuk mengomunikasikan kepada PDIP disyaratkan dimohonkan itu kader dari PPP,” kata Awiek.

Namun, dia mengatakan, Sandiaga Uno hingga kini belum resmi menjadi kader PPP, setelah keluar dari Partai Gerindra.

“Pak Sandi sampai hari ini belum menjadi kader PPP, jadi bagaimana kami mau menawarkan?” kata Awiek.

Sebelumnya, Sandiaga Uno merupakan Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra. Namun, eks Wagub DKI itu keluar dari Gerindra yang dispekulasikan untuk kepentingan Pilpres 2024. Isu kuatnya, Sandiaga akan gabung ke PPP.

Adapun PDIP sudah menyatakan sikap siap mengusung kadernya Ganjar Pranowo sebagai bakal capres 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya