Tak Diundang Jokowi ke Istana, Surya Paloh: Nasdem Tak Dianggap Lagi di Koalisi

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh
Sumber :
  • Youtube Nasdem

VIVA Politik Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh mengaku partainya tetap berkomitmen mengkawal pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin hingga akhir masa jabatan. Walaupun, kata Surya Paloh, dirinya tak diundang Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Istana Merdeka beberapa waktu lalu bertemu dengan para ketum parpol koalisi pemerintahan.

Partai Gelora Tak Sudi Jika PKS Gabung Prabowo, Begini Penjelasan Fahri Hamzah

"Tetap berkomitmen dukung," kata Surya Paloh usia makan siang bersama Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan di Restoran Wisma Nusantara, Jakarta Pusat, Jumat, 5 Mei 2023.

Surya Paloh, HUT Partai Nasdem ke-11

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Jokowi Ajak Relawan dan Menteri Nobar Semifinal Timnas U-23 di Istana

Paloh memahami langkah Presiden Jokowi tidak mengundang dirinya dalam pertemuan para ketum parpol tersebut. Menurut Surya Paloh, Jokowi merupakan pemimpin koalisi pemerintahan dan Nasdem mungkin sudah dianggap bukan bagian koalisi pemerintahan.

"Saya bisa pahami itu pasti Pak Jokowi menempatkan positioning beliau barangkali sebagai pemimpin koalisi partai-partai pemerintahan ya dan beliau tidak menganggap lagi Nasdem ini di dalam koalisi pemerintahan, untuk sementara," kata Surya Paloh.

Nasdem Akui Surya Paloh Minta Anies Angkat Kursi

Presiden Jokowi dan Surya Paloh

Photo :
  • VIVA.co.id/Moh Nadlir

Diketahui, Presiden Jokowi mengakui Surya Paloh memang tidak diundang dalam acara para ketum parpol beberapa waktu lalu. Sebab, kata Jokowi, Nasdem sudah memiliki koalisi sendiri. 

"Nasdem itu ya, kami harus bicara apa adanya ya, kan sudah memiliki koalisi sendiri. Dan ini gabungan partai yang kemarin kumpul, itu kan juga ingin membangun kerja sama politik yang lain," kata Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya