Gerindra Jawa Tengah Isyaratkan Dukung Kaesang Pangarep Maju di Pilkada Solo

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bersalaman dengan Kaesang Pangarep saat Lebaran lalu di Solo, Jawa Tengah.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA Politik – Partai Gerindra Jawa Tengah memilih fokus pada pemenangan Pemilihan Umum Presiden 2024 dan pemilu anggota legislatif daripada menanggapi dukungan terhadap Kaesang Pangarep untuk maju pada Pemilihan Wali Kota Surakarta.

MK Sebut Hakim Arsul Sani Bisa Tangani Sengketa Pileg PPP

"Kami fokus Pilpres dan pileg dahulu," kata Sekretaris Partai Gerindra Jawa Tengah Sriyanto Saputro di Semarang, Rabu, 10 Mei 2023.

Sriyanto, yang dimintai tanggapan mengenai dukungan Gerindra Surakarta terhadap putra bungsu Presiden Joko Widodo itu, menegaskan bahwa pada prinsipnya Partai Gerindra bersikap terbuka.

Gibran Bagi-Bagi 1.100 Sepatu Gratis ke Siswa Miskin di Solo: Ini CSR, Bukan dari Saya

Kaesang Pangarep

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq

Partai Gerindra Kaesang juga tidak mempermasalahkan kebijakan Gerindra Surakarta yang memberi dukungan kepada Kaesang Pangarep untuk maju dalam pilkada Kota Solo, meneruskan tugas Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming.

Risma Populer di Jatim tetapi Elektabilitas Khofifah Tinggi, Menurut Pakar Komunikasi Politik

"Tidak apa-apa, namanya wacana, dan prosesnya masih panjang," ujar pria yang juga anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah itu.

Muncul wacana Kaesang Pangarep akan diusung Partai Gerindra sebagai bakal calon wali kota Surakarta pada pilkada mendatang. Partai Gerindra Kota Surakarta juga diinformasikan akan mengadakan pertemuan dengan Kaesang Pangarep dalam waktu dekat untuk menjajaki hal tersebut.

Solo atau Depok

Partai Gerindra Kota Surakarta sudah mengagendakan pertemuan dengan Kaesang Pangarep yang dikabarkan ingin mengikuti Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Ketua Partai Gerindra Ardianto Kuswinarno di Solo, Rabu, mengatakan agenda pertemuan tersebut akan dilakukan setelah pendaftaran bakal calon legislatif dari Partai Gerindra ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Ilustrasi Pilkada.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

"Setelah pendaftaran tanggal 14 Mei di KPU, saya mau minta waktu ketemu Mas Kaesang. Saya dengan tim Gerindra Solo mau membicarakan ini, yang jelas selesaikan dulu agenda partai tanggal 14 (14 Mei). Setelah itu baru jalankan kegiatan kami di luar itu, yaitu ketemu beliau (Kaesang, Red.)," katanya.

Pada pertemuan tersebut, Gerindra juga akan membicarakan keinginan Kaesang untuk mengikuti Pilkada 2024. "Kenapa Depok, kenapa enggak Solo, itu harus digarisbawahi dulu. Beliau kan inginnya Depok, saya inginnya Solo," katanya.

Lanjutkan Gibran

Ia optimistis dengan kemampuan Kaesang yang didukung oleh tim yang kuat maka putra bungsu Presiden Jokowi tersebut akan mampu memimpin Solo dengan baik.

Gibran Rakabuming Raka

Photo :
  • Fajar Sodiq (Solo)/ VIVA

"Saya punya keyakinan, mulai Pak Presiden berhasil memimpin Solo, Mas Gibran sangat berhasil. Ini dengan Mas Kaesang, saya yakin dengan bibit, bebet, bobot, dia punya tim kuat di belakangnya untuk mengusung beliau, saya yakin Solo akan makin maju lagi," katanya.

Ia mengatakan keputusan untuk mengusung Kaesang tanpa koalisi akan melihat dari hasil perolehan kursi Partai Gerindra pada Pemilu Legislatif. Pada Pemilu Legislatif 2024, Gerindra menargetkan perolehan sebelas kursi di DPRD Kota Surakarta.

"Kalau ngusung belum--itu ditentukan oleh Gerindra Solo kan targetnya 11, kalau 9 kan bisa ngusung sendiri. Kalau target tercapai kemungkinan besar mengusung Mas Kaesang bisa terjadi," katanya.

Mengenai kedekatan antara Kaesang Pangarep dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, menurutnya, sudah terjadi sejak lama. Bahkan, hubungan antara keluarga Presiden Jokowi dengan Prabowo sudah seperti keluarga.

"Ya, kalau bicara itu memang antara keluarga Pak Jokowi dengan Pak Prabowo sangat dekat sekali. Bahkan beliau berdua di pemerintahan sering diskusi di luar pekerjaan, sudah kayak keluarga, termasuk dengan Mas Kaesang dan Mas Gibran. Saat kunjungan Lebaran itu, Mas Gibran yang mendampingi untuk pergi ke mana-mana, chemistry-nya nyambung semua, Mas Gibran, Mas Kaesang dengan Pak Presiden dan Pak Prabowo," katanya.

Kaesang muncul di hadapan publik melalui YouTube dengan menggunakan kaus bergambarkan Prabowo Subianto. (ant)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya