Target PKB: Rebut 100 Kursi DPR di Pileg 2024

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin di kediaman Hamzah Haz
Sumber :
  • VIVA/Yeni Lestari

VIVA PolitikPartai Kebangkitan Bangsa (PKB) menargetkan 100 kursi di DPR RI dan 2.000 kursi DPRD di tingkat Provinsi, Kabupaten, hingga Kota pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024. Hal tersebut disampaikan Ketum PKB, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin usai mendaftarkan bacaleg ke KPU RI, Sabtu, 13 Mei 2023.

Surya Paloh Sambut Baik PKS Jika Ikut Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran

"Insya Allah pemilu tahun ini kita berharap dukungan rakyat bisa mengisi DPR RI 100 kursi dan 2000 anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten Kota di seluruh Indonesia," kata Cak Imin saat konferensi pers di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Sabtu, 13 Mei 2023.

Menurut Cak Imin, target tersebut menjadi tanggung jawab seluruh kader PKB untuk bekerja keras agar targetnya tercapai. Dia pun meminta doa restu kepada seluruh masyarakat dan meminta dukungan kepada tokoh agama agar PKB dapat mencapai target.

Elite PAN soal PKB-Nasdem Gabung Prabowo: Ini Masih Perubahan atau Ikut Lanjutkan? 

"Terima kasih semoga bangsa Indonesia senantiasa diberi kekuatan untuk menyukseskan agenda nasional yang paling penting, yaitu pemilu tahun 2024. Semoga pemilu 2024 aman tertib damai langsung umum bebas dan rahasia, tidak ada kecurangan tidak ada intimidasi semua merdeka menentukan pilihannya," tuturnya.

MK Sebut Hakim Arsul Sani Bisa Tangani Sengketa Pileg PPP

Cak Imin mengatakan pihaknya telah mendaftarkan sebanyak 580 bakal calon legislatif (Bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI untuk maju dalam Pemilu 2024.

"Insya Allah mulai hari ini semua kantor-kantor PKB dan KPU mendaftarkan seluruh caleg-calek PKB lengkap 100 persen, tingkat pusat 580, provinsi 100 persen, seluruh kabupaten kota 100 persen, alhamdulilah," katanya.

Diketahui, pendaftaran bakal caleg DPR RI di Kantor KPU RI masih akan berlangsung hingga Minggu 14 Mei 2023 pukul 23.59 WIB. 

Sejak pendaftaran dibuka pada Senin 1 Mei 2023 lalu, telah ada 10 partai politik peserta pemilu yang mendaftarkan bacalegnya ke KPU RI, yaitu PDI Perjuangan, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Nasional Demokrat (NasDem), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Ummat, Partai Garuda, Partai Hanura, Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Selain 3 partai politik yang akan mendaftar pada Sabtu 13 Mei 2023, masih terdapat 7 partai politik lain yang belum mendaftar. Di antaranya yaitu, Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Demokrat, Partai Buruh, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) dan Partai Gelora.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya