Masuk Rekomendasi Capres Relawan Jokowi, Golkar Fokus Naikkan Elektabilitas Airlangga

Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Politik – Partai Golkar merespons nama Airlangga Hartarto, yang sekaligus ketua umum partai berlambang pohon beringin itu, masuk ke dalam salah satu rekomendasi tokoh calon presiden hasil musyawarah rakyat (Musra) relawan Jokowi. Kini Partai Golkar fokus untuk meningkatkan elektabilitas Airlangga Hartarto.

Soal Revisi UU Kementerian Negara, Airlangga: Presiden Terpilih Diberikan Kekuasaan Menyusun Kabinet

"Ya kita alhamdulillah bersyukur ya, artinya ada kelompok masyarakat yang mencalonkan atau merekomendasikan pak Airlangga sebagai presiden," ujar Wakil Ketua Umum Golkar, Ahmad Doli Kurnia, kepada wartawan, dikutip Senin 15 Mei 2023. 

Menurut Doli, rekomendasi hasil musra relawan Jokowi itu sama dengan tujuan Partai Golkar, yang mengusung Airlangga Hartarto maju dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) di 2024 mendatang.

Soal Program Susu Gratis Prabowo-Gibran, Airlangga Bicara Kondisi Pasokan saat Ini

Puncak acara Musrawarah Rakyat (Musra) relawan Jokowi di Istora Senayan.

Photo :
  • VIVA.co.id/Zendy Pradana

"Artinya itu kan sama dengan agendanya partai Golkar. Nah tentu kepercayaan itu akan terus kami jaga bagaimana terus meningkatkan daya pilih kepada pak Airlangga," katanya.

Menlu Retno Ungkap Isi Pertemuan Jokowi dan Gubernur Jenderal Australia

Dia juga mengatakan bahwa masuknya nama Airlangga Hartarto di rekomendasi hasil Musra itu menandakan bahwa ketua umum partai Golkar memang diterima baik oleh masyarakat. 

"Artinya kan itu salah satu indikasi bahwa figur Pak Airlangga itu diterima oleh masyarakat yang salah satunya hari ini diwakili oleh Musra itu," tuturnya.

Sebelumnya, Puncak acara Musyawarah Rakyat (Musra) yang digelar gabungan relawan Jokowi digelar pada Minggu 14 Mei 2023. Ada tiga nama bakal calon presiden atau capres 2024 yang dimunculkan dalam musra.

Tak hanya itu, ada empat nama bakal calon wakil presiden atau cawapres 2024 juga akan muncul di puncak Musra Relawan Jokowi hari ini. Nama-nama itu nanti akan diserahkan kepada Presiden Jokowi.

"Oh itu kan proses yang kita gelar di seluruh Indonesia menjaring. Dan, merekam suara aspirasi masyarakat nanti kita sampaikan ke Pak Presiden 3 nama. Dan, nanti biar Pak Presiden yang menentukan," kata penanggung jawab Musra Budi Arie Setiadi, di Istora Senayan, Jakarta, Minggu 14 Mei 2023.

Tiga nama bakal capres yang nanti akan diserahkan ke Jokowi yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Adapun nama cawapres yang akan diserahkan adalah Menko Polhukam Mahfud MD, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Ketum Kadin Arsjad Rasjid, dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. 

Nama Mahfud MD dijagokan jadi yang tertinggi dipilih relawan Jokowi dari seluruh daerah. "Untuk cawapres kan ada nama pak Mahfud," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya