JK Tegaskan Tak Campuri Urusan Koalisi karena Urusan Parpol dan Calon Presiden

Mantan wakil presisen Jusuf Kalla dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono memberikan keterangan pers di Jakarta, Senin malam, 15 Mei 2023.
Sumber :
  • ANTARA/Fauzi Lamboka

VIVA Politik – Wakil presiden ke-10 dan 12 Jusuf Kalla menegaskan tidak pernah mencampuri urusan koalisi partai politik jelang Pemilu 2024.

Golkar, PAN dan Demokrat Sepakat Koalisi Usung Jaro Ade di Pilkada Kabupaten Bogor

"Itu adalah kewenangan dari para koalisi dan juga calon presiden," katanya usai menerima kunjungan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di kediamannya, Jakarta, Senin malam, 15 Mei 2023.

Penegasan politikus senior Partai Golkar itu ketika ditanyakan soal situasi koalisi partai politik dan kemungkinan pasangan Anies Baswedan dan AHY.

Siap Gusur Dominasi PKS, 6 Parpol Rajut Koalisi Demi Menangkan Pilkada Depok 2024

Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berkunjung ke kediaman Jusuf Kalla

Photo :
  • VIVA/Zendy Pradana

"Mas AHY ini tentu mempunyai kemampuan, tinggal musyawarah atau keputusan oleh koalisi untuk menentukan. Sebaiknya cawapres dari anggota koalisi," katanya.

DKPP Terima Ratusan Pengaduan Pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu sepanjang 2024

JK juga menegaskan kembali pada masa Megawati Sukarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono, kepala negara tidak pernah mengintervensi partai politik untuk menentukan calon presiden selanjutnya.

"Zaman Ibu Mega, Pak SBY, sama sekali tidak mempengaruhi partai politik, untuk memilih ini dan itu. Jadi diberikan kepada partai. Kami waktu jadi pemimpin pemerintahan tidak mencampuri itu," katanya.

AHY bersama istri Anisa Pohan tiba sekitar pukul 20.10 WIB. Mereka didampingi Sekjen Demokrat Teuku Riefky Harsya. Mereka disambut JK bersama istrinya Mufidah Jusuf Kalla di depan pintu rumah.

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin bertemu Jusuf Kalla (JK)

Photo :
  • Antara

Usai berbincang sejenak di depan rumah, JK mengajak AHY bersama rombongan masuk ke dalam rumah dan melanjutkan diskusi di ruang tamu.

JK pada 15 Mei 2023 merayakan ulang tahun ke-81 tahun. JK lahir di Watampone, Sulawesi Selatan, 15 Mei 1942. Beberapa waktu terakhir, JK telah menerima kunjungan sejumlah tokoh politik nasional di antaranya Prabowo Subianto, Airlangga Hartarto dan Muhaimin Iskandar. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya