Bertambah Lagi Politisi Nasdem dalam Pusaran Korupsi Pasca Johnny Plate jadi Tersangka

Menkominfo Johnny G Plate Tersangka
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

VIVA Politik – Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Pidana Khusus Kejaksaan Agung (Kejagung), Kuntadi mengatakan penetapan status tersangka kepada Johnny G Plate dalam kasus korupsi pembangunan menara BTS 4G dan infrastuktur pendukung BAKTI Kominfo, berdasar pada pemeriksaan semua pihak serta berbagai bukti.

Spek dan Harga 7 Mobil Mewah Harvey Moeis yang Disita Kejagung, Rolls-Royce sampai Ferrari

Sebelum dirinya, ada Patrice Rio Capella yang juga jadi tersangka kasus korupsi pasa tahun 2014. Saat itu statusnya juga Sekjen partai NasDem seperti Johnny.

Johnny G Plate selaku menteri pengguna anggaran disimpulkan tahu dan terlibat dalam berbagai kejanggalan proyek yang mengakibatkan total kerugian negara mencapai Rp8,32 triliun, hasil perhitungan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

12 Tersangka Perundungan Siswa SMA Internasional di Tangsel Segera Diadili

"Tim penyidik hari ini telah meningkatkan status bersangkutan dari saksi menjadi tersangka dan ditahan untuk 20 hari ke depan di Rutan Salemba," ujar dia kepada wartawan, Rabu 17 Mei 2023.

Ketua Nasdem Lucky Hakim Daftar Calon Bupati Indramayu di PKB

Atas penetapan tersangka kepada pria yang juga Sekjen Partai NasDem itu, Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh langsung mengumpulkan para pengurus DPP di NasDem Tower. Menurut Bendahara Umum DPP Partai NasDem, Ahmad Sahroni peristiwa ini tentu akan berpengaruh pada partainya dalam menghadapi Pemilu 2024. Tapi, dia memastikan Johnny akan mengikuti proses hukum yang berlaku sebagai warga negara yang taat pada hukum.

“Kita berupaya yang terbaik dalam koridor yang tepat, mudah-mudahan badai berlalu dengan cepat,” kata Sahroni.

Sahroni menolak dugaan penangkapan Johnny bermuatan politis. Menurut dia sebelum Kejagung menetapkan Johnny sebagai tersangka, ada proses yang dilalui selama beberapa bulan belakangan.

“Jadi bukan berarti sekonyong-konyong itu muncul jadi tersangka,” ujar Sahroni.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya