Survei Elektabilitas Tembus 5 %, Ferry Kurnia: Perindo Terjun ke Masyarakat, Bangun Jejaring

Partai Perindo
Sumber :
  • Perindo

VIVA Politik – Hasil survei Lembaga Survei Jakarta atau LSJ, menempatkan Partai Perindo dengan elektabilitas 5 %. Terbilang melesat menjelang pemilu tahun 2024 ini.

Kelakar Hakim MK ke KPU: Tetap Semangat, Walaupun MU Kalah 4-0 Lawan Crystal Palace

Elektabilitas partai pimpinan Hary Tanoesoedibjo tersebut, terus naik dan sejajar dengan partai-partai yang ada di parlemen saat ini.

Terhadap hasil survei itu, Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Perindo, Ferry Kurnia Rizkiansyah, mengatakan ada 3 hal penting yang bisa disimpulkan. 

Diusung Banyak Partai, Kepala Desa di Jombang Daftar Pilbup Lewat Demokrat

Yang pertama, menurut Ferry, elektabilitas 5,0 % dalam survei LSJ menjadi poin penting bagi Partai Perindo untuk memberikan satu guideline atau pedoman terkait dengan aktivitas di tahun politik ini.

"Untuk proses pemenangan ke depan," kata Ferry, dalam keterangannya, dikutip Minggu 28 Mei 2023.

Survei Aksara: Persoalan Pengangguran Jadi Masalah Serius Kota Pekanbaru

Selanjutnya yang kedua, dia meminta seluruh elemen baik kader, bakal caleg hingga simpatisan tidak gampang terlena dengan hasil survei. Walau harapannya hasil di pemilu nanti sejalan dengan survei.

"(Tetapi) mudah-mudahan terefleksi pada Pemilu 2024 nanti," tegas dia.

Ketiga, Partai Perindo harus lebih bekerja keras lagi, Mengingat Pemilu 2024 sudah semakin dekat.

Lanjut dia, survei ini juga harus dijadikan patokan untuk melakukan berbagai aktivitas secara masif. Terutama oleh para bakal caleg dan kader, agar rutin untuk menemui masyarakat.

"Bacaleg harus menyapa masyarakat dan memberikan yang terbaik buat masyarakat. Kita juga membangun jejaring yang solid di masyarakat yang memang punya keberpihakan kepada Partai Perindo," jelasnya.

Survei LSJ terhadap 17 parpol peserta Pemilu 2024, tingkat keterpilihan atau elektabilitas Partai Perindo di Pemilu 2024 mencapai 5 % dan berada di posisi tengah.

Direktur Riset Lembaga Survei Jakarta (LSJ), Fetra Ardianto, menjelaskan bahwa PDIP masih diurutan pertama dengan 18,6 %.  Disusul oleh Partai Gerindra dengan 16,8 %, Golkar 10,5 % dan Partai Demokrat 9,9 %.

"Partai Nasdem, PKB, PKS, dan Partai Perindo berada di posisi menengah dengan elektabilitas masing-masing 8,1 % 7,6 % 7,4 %, dan 5,0 %," kata Fetra Ardianto.

Selanjutnya ada PAN 2,8 %, PPP mencapai 1,9 % dan partai lainnya 3,4 %, sedangkan yang tidak menjawab 8,0 %.

Walau diakui, bahwa swing voters masih bisa beralih. Sebab jumlahnya masih signifikan yakni 40,7 %.

"Di lain pihak, tingkat kemantapan pilihan (loyal voters) terhadap partai yang dipilihnya saat ini baru mencapai 49,6%. Ini berarti kemungkinan terjadi perubahan peta elektabilitas partai menjelang Pemilu 2024 masih sangat terbuka," kata Fetra.

Survei LSJ sendiri dilakukan pada 9 - 17 Mei 2023 di 34 provinsi yang ada di seluruh Indonesia dengan jumlah 1.200 responden WNI sudah berusia 17 tahun ke atas. Menggunakan teknik pengambilan sampel secara acak bertahap atau multistage random sampling.

Margin of error survei kali ini yakni +/- 2,83 %, dan pada tingkat kepercayaan atau level of confidence sebesar 95 %. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara tatap muka oleh tenaga terlatih dengan bantuan/pedoman kuesioner.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya