Tarik Ucapan Siap Maju di Pilgub 2024, Edy Rahmayadi: Saya Minta Maaf, Etika Tak Baik

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi
Sumber :
  • VIVA/B.S Putra

VIVA Politik - Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi meminta maaf kepada warga Sumut lantaran dirinya sempat menyatakan siap kembali maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2024. Dia sadar secara etika tak pantas menyatakan siap nyagub karena masa tugasnya belum berakhir.

Ketua MPR: Tidak Ada Celah untuk Menunda atau Membatalkan Pelantikan Prabowo-Gibran

"Itu dia, saya minta maaf untuk masyarakat Sumut. Tulis besar-besar ya, seharusnya secara etika, saya belum boleh menyatakan itu. Karena batas saya menjadi Gubernur Sumut itu, sampai tanggal 5 September 2023," kata Edy di rumah dinas Gubernur Sumut, di Kota Medan, Rabu 31 Mei 2023.

Edy mengatakan ucapan akan kembali maju Pilgub Sumut 2024 itu mestinya disampaikan usai jabatan Gubernur Sumut selesai. Hal itu bisa dilakukan setidaknya pada 6 September 2023. Tapi, kata dia, bukan saat ini karena dirinya masih aktif menjabat Sumut-1.

Loyalis Jokowi Respons Elite PDIP soal Abuse Of Power: Berlebihan

"Tanggal 6 September itu, hak progratif saya," tutur mantan Pangkostrad itu.

Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi dan Wagub Sumut, Musa Rajekshah.

Photo :
  • VIVA.co.id/ B.S. Putra (Medan)
Dikawal Massa Pendukung, Narjo Resmi Daftar Bakal Calon Bupati Brebes ke PDIP

Pun, Edy menambahkan bahwa dirinya melemparkan pernyataan maju di Pilgub Sumut, lantaran hanya emosional semata. Namun, ia tidak menjelaskan penyebab membuat dirinya emosional.

"Jadi itu, kemaren itu saya minta maaf, emosional saya. Sehingga saya menyatakan itu. Itu etikanya tak baik, sayakan Gubernur, tidak bisa dilepaskan antara Edy dan Gubernurnya," ujar Edy.

Maka itu, dia mengatakan akan berupaya fokus menjalankan tugas sebagai Gubernur Sumut untuk beberapa bulan kedelapan hingga berakhir masa jabatannya.

"Jadi, saya minta maaf, jadi karena ini sudah terbuka itu, janji politik saya. Tapi, secara riil saya belum berbuat (untuk maju di Pilgub Sumut 2024)," tutur Edy.

Edy Rahmayadi di Pilgub Sumut 2018 berpasangan dengan Musa Rajekshah alias Iject. Duet ini merupakan pasangan nomor urut satu yang didukung PAN, PKS, Partai Nasdem, Partai Golkar, Partai Hanura, dan Partai Gerindra.

Sementara, rivalnya yakni pasangan nomor urut dua Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus yang diusung koalisi PDIP dan PPP.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya