Hasto soal Potensi Perempuan Jadi Cawapres Ganjar: PDIP Tak Pernah Membeda-bedakan

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri berswafoto dengan Plt Ketua Umum PPP Mardiono, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Sekjen PPP Arwani Thomafi usai melakukan pertemuan di kantor pusat PDIP, Jakarta, Minggu, 30 April 2023.
Sumber :
  • ANTARA/Galih Pradipta

Jakarta - PDI Perjuangan (PDIP) menyampaikan tak menutup kemungkinan kandidat calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 adalah perempuan.

Prabowo: Gus Dur Dukung Saya dari Langit

Hal tersebut diungkap Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto. Dia mengatakan, partainya terus mencermati potensi perempuan sebagai kandidat cawapres Ganjar.

"Kalau terkait dengan capres dan cawapres, berdasarkan aspek elektoral, kami terus mencermati termasuk kemungkinan adanya kandidat perempuan," kata Hasto, kepada wartawan di Jakarta Utara, Sabtu, 10 Juni 2023.

Blak-blakan! Prabowo: Pak Jokowi Suruh Semua Menteri Kasih Data ke Saya

"Karena ini kan perpaduan ibu pertiwi. Bumi pertiwi itu kan cermin antara laki dan perempuan," lanjutnya.

Ahok: Yang Mau Mimpin Jakarta Harus Bisa Buktikan Hartanya Dari Mana

Menurut dia, cawapres Ganjar Pranowo kembali pada rakyat. Hasto juga menegaskan, PDIP tak pernah membedakan-bedakan pemimpin dari latar belakang jenis kelaminnya.

"Tapi pada prinsipnya PDIP tidak pernah membedakan pemimpin atas dasar latar belakang jenis kelamin. Apakah sipil atau militer. Apakah berasal dari kalangan birokrasi, non birokrasi," katanya.

Dia mengatakan, setiap warga negara memiliki hak untuk menjadi pemimpin.

"Semua. Setiap warga negara yang menggembleng diri, maka layak dicalonkan," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP, Puan Maharani membeberkan beberapa nama tokoh yang masuk bursa kandidat cawapres pendamping Ganjar untuk maju di Pilpres 2024.

Sekjen

Photo :
  • 1485127

Puan menyebut banyak nama seperti Menko Polhukam, Mahfud MD, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Menteri BUMN Erick Thohir, Menparekraf Sandiaga Uno, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto hingga Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Kalau boleh saya sebut yang ada di media, Pak Mahfud sudah masuk namanya, Pak Erick Thohir, Pak Ridwan Kamil, Pak Sandiaga Uno, kemudian ada Pak AHY ya kan? Pak AHY, Pak.. Sopo lagi Mas? Pak Airlangga, ya kan?" kata Puan Maharani saat konferensi pers di Sekolah Partai PDIP, Jakarta Selatan, Selasa, 6 Juni 2023.

Puan menyampaikan dari nama-nama tersebut, PDIP akan mempertimbangkan untuk bisa bekerja sama sesuai dengan visi-misi Ganjar. Dia juga menyebut tokoh-tokoh yang masuk ke dalam bursa cawapres itu memiliki kelebihan masing-masing.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya