MK Bacakan Putusan Gugatan Sistem Pemilu Kamis Besok

Pengambilan sumpah hakim Mahkamah Konstitusi 2023-2028
Sumber :
  • Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden

JakartaMahkamah Konstitusi (MK) dikabarkan akan menggelar sidang pengucapan putusan uji materi sistem pemilu, pada Kamis, 15 Juni 2023. Jadwal sidang pun telah dikirimkan kepada para penggugat, pemerintah, DPR dan para pihak terkait dalam gugatan.

Kursi PAN Bertambah Jadi 48, Zulhas: Terima Kasih Pak Prabowo

"Semuanya dikasih surat panggilan untuk hadir sidang. Hari ini, untuk perkara 114 itu sudah diagendakan nanti pengucapan putusan hari Kamis tanggal 15 Juni, jam 9.30 WIB di Ruang Sidang Pleno bersama dengan beberapa putusan yang lain," kata Juru Bicara MK Fajar Laksono di Gedung MK, Jakarta Pusat, Senin, 12 Juni 2023.

Ilustrasi Pemilu 2024.

Photo :
  • VIVA
Pakar Hukum Trisakti: Gugatan Praperadilan Panji Gumilang Bakal Ditolak di PN Jaksel

Fajar menyadari perkara ini berlangsung cukup lama. Tapi dia membantah pihaknya sengaja menunda-nunda proses penyelesaian perkara Nomor 114/PUU-XX/2022 ini.

ia mengungkapkan perkara ini sejatinya telah selesai pada 31 Mei dengan agenda kesimpulan para pihak. Setelah itu, hakim MK mendalami dan menggelar rapat musyawarah untuk membuat keputusan.

Istana Sebut Nama-nama Anggota Pansel KPK Akan Diumumkan Bulan Ini

Fajar memastikan pihaknya menyiapkan pengamanan khusus di hari sidang putusan gugatan UU Pemilu itu. Pasalnya, perkara ini sangat menjadi atensi publik.

"Tentu karena kami sadar bahwa ini perkara 114 ini atensi publik luar biasa, ditunggu banyak orang ya. Tentu ada hal-hal yang (harus) kami siapkan berkaitan dengan pengamanan terutama ya," imbuhnya.

Diketahui, MK akan memutuskan apakah sistem pemilu 2024 akan digelar secara proporsional tertutup atau tetap terbuka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya