Survei LSJ Lolos Parlemen, Pimpinan dan Kader Partai Perindo Semakin Semangat

Ketua Umum Partai Perindo, Hary Tanoesoedibjo
Sumber :
  • Perindo

Jakarta – Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dalam survei terbaru mencapai elektabiliatas 5,1 % pada Pemilu 2024. Saat ini, partai pimpinan Hary Tanoesoedibjo tersebut sudah mendeklarasikan mendukung Ganjar Pranowo sebagai bakal Capres 2024. Elektabilitas Perindo bahkan melampaui partai-partai Parlemen lainnya, seperti Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Hakim MK Puji Semangat Kuasa Hukum Caleg Perindo, Bandingkan dengan Timnas U-23 Lawan Irak

Survei yang dilakukan oleh Lingkar Survei Jakarta (LSJ) dalam pemaparannya bertema "Dinamika Elektabilitas Capres Tiga Besar dan Referensi Kalangan Emak-Emak dan ASN Jelang Pemilu", Senin 3 Juli 2023.

Hasil survei tersebut, PDI Perjuangan (PDIP) masih yang menjadi juara dengan elektabilitas sebesar 18,8 %. Disusul Partai Gerindra 17,2 %. Partai Golkar urutan ketiga dengan 10,7 %, menyusul Partai Demokrat urutan keempat dengan elektabilitas 9,8 %. 

Efek Kemenangan Prabowo di Pilpres Bisa jadi Kekuatan Sudaryono Menangi Pilgub Jateng 2024

Partai Perindo masuk dalam survei yang diprediksi akan lolos ke DPR di Pemilu 2024, dengan elektabilitas hasil survei mencapai 5,1 %. 

Di atasnya ada Partai Nasdem 8,5 %, PKB 7,8 %, dan PKS dengan 7,4 %. Sementara peringkat bawah ada PAN 2,9 % dan PPP 2,0 %. Survei LSJ dilakukan 20-29 Juni 2023 di 34 provinsi, dengan melibatkan 1.200 responden WNI yang berusia 17 tahun ke atas. Responden dipilih secara acak melalui teknik pengambilan sampel bertahap (multistage random sampling). 

Siap Maju di Pilkada Jakarta, Ahmed Zaki Lakukan Ini Untuk Dongkrak Elektabilitas

Sementara margin of error survei ini +/- 2,83 %, dengan tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95 %. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara tatap muka oleh pewawancara yang terlatih, menggunakan kuesioner sebagai panduan. 

Responden laki-laki dan perempuan, 60 % tinggal di pedesaan dan 40 % di perkotaan. Hasil wawancara petugas lapangan juga melalui pengawasan kualitas secara acak sebesar 20 % dari total sampel oleh supervisor LSJ.

Hasil survei yang terus meningkat, membuat pimpinan dan elit Partai Perindo semakin semangat untuk kerja keras. Juga membangun optimisme pada pileg di Pemilu 2024.

"Dengan kerja militan para kader, ditambah semakin banyaknya tokoh-tokoh masyarakat dan pemuda bergabung dengan Partai Perindo, diharapkan target dua digit bulan Oktober-November 2023 dapat tercapai,” kata Hary Tanoesoedibjo, Ketua Umum Perindo. 

Lanjut Hary Tanoe, dengan hasil survei ini maka seluruh elemen partai harus terus berjuang dan bekerja keras.

"Kita harus berjuang maksimal, jangan pernah menyerah, sebelum tujuan tercapai. Ayo semangat, kita bangun Indonesia menjadi maju dan sejahtera,” jelasnya.

Sementara itu, Sekjen DPP Partai Perindo Ahmad Rofiq, mengatakan dengan hasil survei yang trendnya naik, tidak bisa dipungkiri  membuat mereka semakin bersemangat. Optimis dengan masa depan partai.

Apalagi partai yang dikenal sebagai partai modern yang peduli rakyat kecil, gigih berjuang untuk penciptaan lapangan kerja dan Indonesia sejahtera itu, ternyata makin lama makin disukai oleh masyarakat luas. 

"Tentu kami akan semakin bekerja semakin keras, agar double digit yang ditargetkan Ketua Umum dapat diwujudkan secara maksimal," katanya. 

Lanjut Rofiq, program-program yang telah dilakukan oleh Partai Perindo menjadi kunci tingkat penerimaan (akseptabilitas) masyarakat terhadap Perindo. Dia mencontohkan Gerobak Perindo untuk pedagang UMKM serta perlidungan dan pendampingan terhadap anak dan perempuan melalui kiprah Relawan Perempuan dan Anak (RPA) Partai Perindo.

Pergerakan para bakal caleg DPR RI hingga DPRD provinsi dan kabupaten/kota, menurut Rofiq juga turut memberi efek pelonjakan elektabilitas tersebut.

Maka tidak heran, semakin lama Perindo semakin membuat masyarakat mengenal partai ini lebih dekat. 

"Partai Perindo bukan hanya sekedar memberikan harapan, tetapi juga memberikan bukti atas keberpihakan terhadap rakyat kecil secara terus menerus tanpa henti," kata Rofiq.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya