Survei LSJ: Pemilih PDIP yang Beralih Dukung Prabowo Makin Meningkat

Prabowo Subianto
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Lembaga Survei Jakarta (LSJ) merilis hasil riset terkait sebagian pemilih PDI Perjuangan bakal memberikan suaranya ke Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra, Prabowo Subianto di Pemilu 2024 mendatang.

Sapu Bersih! Airin Ngelamar Jadi Bakal Cagub Banten ke 4 Parpol

Berdasarkan hasil survei, sebanyak 34,5% responden yang memilih PDI Perjuangan mengaku akan memilih Prabowo jika pilpres dilaksanakan saat ini.

"Berdasarkan survei LSJ kali ini sebanyak 34,5 persen responden yang memilih PDI Perjuangan mengaku akan memilih Prabowo jika pilpres dilaksanakan saat ini," kata Direktur LSJ, Fetra Ardianto dalam paparannya secara virtual, Senin, 3 Juli 2023. 

Diskusi dengan Pebisnis di London, Airlangga Pastikan Stabilitas Ekonomi RI Usai Pemilu 

Kendati demikian, meski pemilih PDIP yang dukung Prabowo meningkat, mayoritas pemilih PDIP masih menjagokan Ganjar Pranowo.

"Berdasarkan temuan LSJ, bagian terbesar atau 48,2 persen konstituen PDI Perjuangan mengaku masih memilih Ganjar yang diusung oleh partai mereka. Namun persentase pemilih PDI Perjuangan yang mengaku akan memilih Prabowo juga terus meningkat dari waktu ke waktu," katanya.

Said Iqbal Tegaskan Partai Buruh Akan Dukung Prabowo Gibran

Capres Prabowo Subianto saat nyoblos pada Hari Pemilu 17 April 2019/Ilustrasi Pemilu.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Selain itu, mayoritas publik meyakini Jokowi akan endorse Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra, Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres).

Fetra Ardianto menjelaskan, sebanyak 42,3 persen responden menilai endorse alias dukungan Jokowi akan diberikan ke Prabowo. Persepsi publik menilai Prabowo merupakan salah satu menteri terbaik di Kabinet Indonesia Bersatu. Prabowo juga dianggap dekat dan loyal kepada Jokowi.

"Bagian terbesar publik atau 42,3 persen responden dalam survei LSJ kali ini meyakini bahwa endorsement Presiden Jokowi akan diberikan kepada Prabowo Subianto," ucap dia.

Kemudian sebanyak 38,2% masyarakat menilai bahwa Jokowi akan mendukung Ganjar Pranowo dalam Pilpres 2024. Menurut Fetra, hal itu terjadi karena, masyarakat meyakini bahwa Ganjar dan Jokowi sama-sama berasal dari PDI Perjuangan (PDIP).

"Sedangkan publik yang kurang yakin Ganjar akan di-endorse Jokowi berpendapat bahwa Ganjar terbukti kurang loyal kepada Presiden Jokowi saat berani menggagalkan proyek pemerintah untuk menyelenggarakan Piala Dunia U-20," katanya.

Survei LSJ dilaksanakan pada 20 sampai 29 Juni 2023 di 34 provinsi yang ada di seluruh Indonesia. Populasi dari survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang sudah mempunyai hak pilih atau seluruh penduduk Indonesia yang minimal telah berusia 17 tahun dan/atau belum 17 tahun tetapi sudah menikah.

Jumlah sampel sebesar 1200 responden, diperoleh melalui teknik pencuplikan secara acak sistematis (systematic random sampling). Margin of error +/- 2,83 persen, dan pada tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95 persen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara melalui telepon (tele-polling) dengan pedoman kuesioner.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya