Survei LSJ: Elektabilitas Anies Baswedan Cenderung Turun karena Tidak Tegas sebagai Oposisi Total

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menonton Formula E
Sumber :
  • ANTARA/Syaiful Hakim

Jakarta - Lembaga Survei Jakarta (LSJ) merilis hasil terbarunya soal elektabilitas tokoh yang berpotensi menjadi capres pada Pemilu 2024 mendatang. Prabowo Subianto unggul menduduki peringkat pertama dengan perolehan suara sebanyak 40,3%.
 
"Berdasarkan survei LSJ, jika dibuat simulasi Pilpres hanya diikuti oleh tiga capres saja, hasilnya Prabowo Subianto tetap memperoleh elektabilitas tertinggi, yakni 40,3%," ujar Direktur Riset Lembaga Survei Jakarta (LSJ) Fetra Ardianto dalam paparannya secara virtual, Senin, 3 Juli 2023.

Minta Jangan Bawa Orang Toxic ke Pemerintahan, Luhut Yakin Prabowo Setuju Dengannya

Sementara itu, Ganjar Pranowo yang menduduki peringkat kedua memperoleh suara sebanyak 32,6%, Anies Baswedan memperoleh suara sebanyak 20,7%.

Demokrat Sebut Ide Bentuk Presidential Club Ide Prabowo Sejalan Harapan SBY

"Data ini semakin menegaskan bahwa keunggulan Prabowo Subianto atas para kompetitornya adalah suatu realitas mengingat dalam format pertanyaan
apapun (terbuka atau tertutup) Prabowo selalu leading atas lawan-lawannya," ujarnya.

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto saat menjadi panelis dalam Pertemuan Shangri-La Dialogue di Singapura, Sabtu, 3 Juni 2023.

Photo :
  • ANTARA
Prabowo Belum Pernah Bicara Kabinet, Kata Petinggi Gerindra

Fetra menjelaskan bahwa grafik Prabowo Subianto terbilang lambat, namun pasti terus mengalami kenaikan elektabilias dan membuatnya selalu berada di posisi teratas papan survei.

Sementara itu perkembangan elektabilitas Ganjar Pranowo cenderung dinamis, ada saat mengalami penurunan namun ada juga momentum kenaikan.

"Sedangkan Anies Baswedan akhir-akhir ini elektabilitasnya cenderung menurun karena tidak jelasnya positioning yang diambil oleh Anies. Anies sulit menegaskan diri sebagai oposisi total mengingat Partai Nasdem masih berada di dalam pemerintahan," katanya.

Survei ini dilakukan pada 20 sampai dengan 29 Juni 2023 di 34 provinsi yang ada di seluruh Indonesia. Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia usia minimal 17 tahun atau telah memiliki KTP. 

Jumlah sampel sebesar 1.200 responden diperoleh melalui teknik pengambilan sampe secara acak sistematis atau sistematic random sampling. 

Margin of error -+ 2,83% atau tingkat kepercayaan sebesar 95%. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara melalui telefon oleh tenaga terlatih dengan pedoman kuisioner. Responden terdiri dari 50% laki-laki dan 50% perempuan, serta 60% tinggal di pedesaan dan 40% tinggal di perkotaan. 

Quality control terhadap hasil wawancara petugas lapangan dilakukan secara random sebesar 20?ri total sampel oleh para supervisor LSJ.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya