Duet Ahmad Dhani-Bayu Airlangga Masuk Bursa Pilwali Surabaya

Ahmad Dhani
Sumber :
  • IG @ahmaddhaniofficial

Surabaya – Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Surabaya 2024 kian dinamis. Hal itu setelah muncul wacana poros baru, di tengah dominasi pasangan petahana Eri Cahyadi-Armuji. Poros baru menggaungkan nama politikus Gerindra yang juga musikus kesohor, Ahmad Dhani, dan Bayu Airlangga dari Golkar.

PDIP Lirik Airin Rachmi Diany Diusung di Pilgub Banten

Gerindra sendiri melakukan penjajakan untuk berkoalisi dengan Partai Beringin untuk kemungkinan membuat poros baru itu. "Peluang koalisi itu sangat terbuka lebar, apalagi di tingkat nasional Gerindra dan Golkar bersama-sama," kata Ketua DPD Gerindra Jatim Anwar Sadad, Rabu, 15 Mei 2024.

Gerindra, lanjut calon anggota legislatif DPR RI terpilih itu, memiliki banyak kader potensial untuk disorongkan di Pilwali Surabaya. Sadad menyebut di antaranya Ahmad Dhani, Kharisma Febriansyah, Hadi Dediansyah, dan Cahyo Harjo. 

Menuai Kontroversi, Fraksi Gerindra Tidak Lanjutkan Pembahasan RUU Penyiaran

Ketua Gerindra Jatim Anwar Sadad (tengah) dan Ketua Golkar Jatim Sarmuji (kiri)

Photo :
  • VIVA.co.id/Nur Faishal (Surabaya)

"Gerindra tengah menggodok nama-nama internal yang siap maju di [Pilwali] Surabaya. Ada Mas Dhani, ada Bang Kharisma yang kita siapkan. Ada juga kader muda kita Cahyo Harjo," tandas Sadad.

Ahok Mencuat Maju di Pilkada Sumatera Utara, PDIP Lakukan Inventarisasi Potensi

Sebagai partai pemenang kedua dengan perolehan 8 kursi di DPRD Kota Surabaya, Gerindra tentu tak ingin hanya menjadi pendukung saja di Pilwali Surabaya. Tentu saja partai yang dipimpin Prabowo Subianto itu mesti berkoalisi dengan partai lain. Salah satu partai yang sudah berkomunikasi ialah Golkar.

"Peluang koalisi itu sangat terbuka lebar, apalagi di tingkat nasional Gerindra dan Golkar bersama-sama. Kami juga berpeluang mengusung Bayu Airlangga," kata pria yang akrab disapa Gus Sadad itu.

Golkar juga sudah berancang-ancang untuk membuat poros baru. Nama kadernya, Bayu Airlangga, Di Sodorkan untuk maju sebagai penantang Eri Cahyadi. Ketua Projo Jatim yang juga menantu Soekarwo atau Pakde Karwo itu dinilai berpengalaman, visioner, dan progresif.

Sementara ini, baru duet Eri Cahyadi-Armuji yang secara terbuka menyatakan maju di Pilwali Surabaya 2024. Pasangan petahana itu sudah mendaftar penjaringan bakal calon kepala daerah ke PDIP, PKB, PPP, dan Demokrat. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya