Survei LSJ: Prabowo di Urutan Teratas Paling Layak Gantikan Jokowi

Menhan RI Prabowo Subianto dalam forum IISS di Singapura
Sumber :
  • istimewa

Jakarta - Lembaga Survei Jakarta (LSJ) merilis hasil terbarunya soal elektabilitas tokoh yang berpotensi jadi bakal capres di Pemilu 2024. Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menempati urutan teratas.

Duet Ahmad Dhani-Bayu Airlangga Masuk Bursa Pilwali Surabaya

Di bawah Prabowo, ada Ganjar Pranowo di peringkat kedua dan Anies Baswedan di peringkat ketiga.

Dalam simulasi 3 nama, sebanyak 27,5 persen masyarakat memilih Prabowo sebagai presiden yang paling layak jadi pengganti Presiden Jokowi.

KPU Akan Gelar RDP Bareng DPR Hari Ini, Bahas Evaluasi Pemilu 2024

"Sebanyak 27,5 persen responden secara spontan menyebut nama Prabowo ketika LSJ menanyakan siapa tokoh yang paling layak menggantikan Presiden Jokowi," kata Direktur Riset Lembaga Survei Jakarta (LSJ), Fetra Ardianto dalam paparannya secara virtual, Senin, 3 Juli 2023.

Tiga bacapres 2024 Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Photo :
  • ist
Megawati Muncul di Pameran Seni Butet, Pakar: Itu Pernyataan Politik yang Paling Keras!

Sementara, Ganjar Pranowo yang menduduki peringkat kedua memperoleh suara sebanyak 19,1 persen. Lalu, Anies Baswedan memperoleh suara sebanyak 15,2 persen.

"Tokoh lain yang juga cukup signifikan menjadi top of mind publik sebagai pengganti Jokowi adalah Ganjar Pranowo (19,1%) dan Anies Baswedan (15,2%). Nama-nama lain elektabilitasnya tidak terlalu signifikan untuk dipertimbangkan lagi menjadi capres 2024," ujar Fetra.

Adapun survei ini dilakukan pada 20 sampai dengan 29 Juni 2023 di 34 provinsi yang ada di seluruh Indonesia. Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia usia minimal 17 tahun atau telah memiliki KTP.

Jumlah sampel yang dilibatkan dalam survei sebanyak 1.200 responden melalui teknik pengambilan sampel secara acak sistematis atau sistematic random sampling.

Survei memiliki margin of error -+ 2,83 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara melalui telefon oleh tenaga terlatih dengan pedoman kuisioner.
Responden terdiri dari 50 persen laki-laki dan 50 persen perempuan. 60 persen responden tinggal di pedesaan dan 40 persen tinggal di perkotaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya