Rapat Tertutup, Sekjen PDIP Beberkan Arahan Jokowi ke Parpol Pendukung Ganjar

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto
Sumber :
  • dok Humas PDIP

Jakarta - Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menyampaikan sejumlah masukan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada partai politik atau parpol pendukung Ganjar Pranowo sebagai bakal capres 2024. Masukan itu disampaikan dalam rapat tertutup yang digelar di Kantor Rumah Aspirasi, Jalan Diponegoro 72, Menteng, Jakarta Pusat.

Kenalkan Gibran ke Syeikh MBZ, Prabowo Subianto: Yang Mulia, Ini Wakil Presiden Saya

Parpol pendukung Ganjar yang ikut dalam rapat tertutup itu antara lain Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hanura, Perindo dan PDIP.

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri berswafoto dengan Plt Ketua Umum PPP Mardiono, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Sekjen PPP Arwani Thomafi usai melakukan pertemuan di kantor pusat PDIP, Jakarta, Minggu, 30 April 2023.

Photo :
  • ANTARA/Galih Pradipta
Sekjen Gerindra Sebut Prabowo Butuh Dukungan Rakyat dan Parpol untuk Wujudkan Janji Kampanye

Menurut Hasto, pihaknya bersama tiga parpol lain ingin merapatkan barisan dalam pergerakan pemenangan Ganjar di 2024.

"Kami menyatukan langkah, barisan bersama di dalam langkah pergerakan pemenangan pemilu presiden dan pemilu legislatif. Sehingga ruang lingkup kerja samanya menjadi luas," kata Hasto kepada wartawan, Kamis, 6 Juli 2023.

PKS Buka Peluang Koalisi dengan PDIP, Edy Rahmayadi Berpotensi Diusung jadi Cagub Sumut

Dia bilang dalam kesempatan itu, PDIP  menyampaikan juga perintah dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Selain itu, ada juga masukan dan arahan dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Hasto menceritakan arahan itu didapatnya langsung saat menghadap Jokowi.

"Dan, kami paparkan apa saja masukan dari Presiden Jokowi. Karena sebelum puncak peringatan bulan Bung Karno, saya menghadap Presiden Jokowi dan beliau memberikan masukan, arahan yang tadi kami jabarkan dapat rapat," lanjut Hasto.

Namun, Hasto mengklaim tak ada pembahasan soal calon wakil presiden pendamping Ganjar dalam rapat tersebut. Sebab, kata dia, pembahasan cawapres merupakan ranah dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri bersama tiga pimpinan parpol pendukung lainnya.

Justru,kata dia, yang difokuskan dalam rapat ialah pembahasan soal strategi pemenangan Pemilu, terutama dalam memenangkan Ganjar di Pilpres 2024.

Lebih lanjut, Hasto mengatakan pertemuan antara parpol pengusung Ganjar ini rencananya akan dilakukan secara rutin untuk mengetahui bagaimana pergerakan di tengah masyarakat.

"Bagaimana narasi kepemimpinan dari Pak Ganjar Pranowo yang merupakan kesatupaduan dari Presiden Jokowi dalam membangun kemajuan Indonesia raya," kata Hasto.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya