Bawaslu Mewanti-wanti KPU agar Semua TPS pada Pemilu 2024 Ramah Penyandang Disabilitas

Komisioner Bawaslu Lolly Suhenty usai menghadiri acara Munggahan Pengawasan bertajuk Bincang-bincang Bawaslu dengan Partai Politik peserta Pemilu tahun 2024 di Jakarta, Sabtu, 18 Maret 2023.
Sumber :
  • VIVA/Zendy Pradana

Jakarta – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI mengharapkan dalam Pemilu 2024, seluruh tempat pemungutan suara (TPS) di Tanah Air ramah terhadap penyandang disabilitas, tidak seperti dalam pemilu-pemilu sebelumnya.

KIP Pastikan Tak Ada Calon Independen di Pilgub Aceh 2024

"Harapan kami, (Pemilu) 2024 tidak ada lagi TPS yang tidak ramah disabilitas," ujar Pelaksana Harian (Plh) Ketua Bawaslu RI Lolly Suhenty dalam konferensi pers terkait kegiatan Deklarasi Pemilu Akses Ramah Disabilitas di Jakarta, Kamis, 6 Juli 2023.

Pada Pemilu 2019, Lolly menyampaikan Bawaslu mencatat terdapat 2.366 TPS yang tidak dapat diakses atau tidak ramah terhadap penyandang disabilitas. Akan tetapi, pada Pilkada 2020, jumlah TPS yang tidak ramah disabilitas berkurang menjadi 1.089 TPS.

KPU Tegaskan Caleg Terpilih Tak Harus Mundur dari Jabatan jika Ikut Pilkada, Begini Aturannya

Penyandang Disabilitas Gunakan Hak Suaranya Dalam Pemilu 2014

Photo :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

Dengan demikian, ia mengaku optimistis pada Pemilu 2024, seluruh TPS ramah bagi penyandang disabilitas. "Apakah ini mungkin? Mungkin," ujar dia.

KPU Verifikasi Faktual Calon Kepala Daerah dari Jalur Independen Pakai Metode Sensus

Ia menambahkan kegiatan Deklarasi Pemilu Akses Ramah Disabilitas itu dapat menjadi momentum bagi Bangsa Indonesia untuk menyadari pelaksanaan Pemilu 2024 harus lebih baik, terutama bagi penyandang disabilitas.

"Deklarasi ini menjadi momentum bagi Indonesia bahwa Pemilu 2024 harus berbeda. Bedanya apa? Tidak ada lagi warga negara yang kehilangan hak pilihnya, termasuk teman-teman disabilitas. Tidak ada lagi warga negara yang kesulitan mengakses TPS, termasuk disabilitas," kata Lolly.

Ia menambahkan dalam Pemilu 2024, seharusnya tidak ada lagi warga negara yang mengalami diskriminasi saat memberikan hak pilih di bilik suara.

Penyandang Disabilitas Gunakan Hak Suaranya Dalam Pemilu 2014

Photo :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

Sebelumnya dalam deklarasi itu, Bawaslu RI bersama Komisi Nasional Disabilitas (KND), Pusat Pemilihan Umum Akses (PPUA), dan Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) menyatakan komitmen mendukung Pemilu 2024 ramah disabilitas.

Pembacaan deklarasi yang berisi empat poin komitmen tersebut dipimpin oleh penyanyi muda sekaligus kontestan America's Got Talent (AGT) 2023 Putri Ariani.

"Berkolaborasi untuk pencegahan, pengawasan, dan menindaklanjuti segala pelanggaran yang terjadi pada hak-hak politik disabilitas pada Pemilu Serentak Tahun 2024 secara inklusif," ujar Putri.

Berikutnya, pada poin kedua, Bawaslu RI dan KND, PPUA, serta PPDI menyatakan berkomitmen mendukung pemilu yang aman, tertib, damai, berintegritas, tanpa hoaks, ujaran kebencian, politisasi suku, agama, ras, dan antaragama (SARA) dan politik uang.

Ketiga, mereka juga berkomitmen meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat yang benar dan sama tentang kesetaraan penyandang disabilitas dan ragamnya di sektor kepemiluan.

"Keempat, meningkatkan pengawasan partisipatif hak-hak politik penyandang disabilitas dalam Pemilu Serentak Tahun 2024 secara inklusif," kata Putri. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya