Renovasi JIS Dicap Politis, Heru Budi: Kita Sama-sama Menyempurnakan yang Sudah Sempurna

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

Jakarta - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono merespons adanya nuansa politik dalam renovasi Jakarta Internasional Stadion (JIS) yang diproyeksikan jadi venue Piala Dunia U-17. Heru menyebut pemerintah akan berupaya memberikan yang terbaik terkait JIS.

Heboh Foto Diduga Mantan Sule, Naomi Zaskia Mesra dengan Politisi

"Ya kita kan memberikan yang terbaik, sudah itu aja. Kan sudah disampaikan pak Menteri PUPR," kata Heru Budi di Kemensetneg, dikutip Jumat, 7 Juli 2023.

Heru menyampaikan perbaikan JIS akan dilakukan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Perbaikan itu meliputi akses masuk hingga rumput di lapangan JIS.

Heru Budi Dinilai Layak Lanjut Jadi Gubernur Jakarta, Angka Kepuasan Publik Capai 60 Persen

Baca Juga: Refly Heran JIS yang Dibangun Anies Jadi Polemik: Mandalika Banjir & Merugi Gak Dipersoalkan

FIFA President Praises Indonesian National Team's Achievement

Dia bilang dari Pemprov DKI saat ini akan menyiapkan beberapa hal untuk mendukung akses JIS.

"Saya Pemda dan Bina Marga sudah menambah jalur di sisi kiri dekat danau, jalan nanti masuk tol. Terus kita bangunkan jembatan penyebrangan orang dari jalan Martadinata ke arah Ancol ke tempat parkir," lanjut Heru.

"Ya banyak, ada lagi. Kereta api, terus ada satu lagi jembatan, kan JPO ada dua," ujar mantan Wali Kota Jakarta Utara tersebut.

Pun, Heru berharap agar pemerintah pusat dan pemerintah daerah rampung melakukan perbaikan Jis agar sesuai dengan standar FIFA.

"Ya, mudah-mudahan kita semua, JIS itu masuk dalam FIFA. Makanya kita sama-sama menyempurnakan yang sudah sempurna. JIS sudah baik kok, tinggal kita sempurnakan untuk bisa dipakai FIFA seterusnya," tutur Heru.

Polemik JIS yang disiapkan sebagai venue Piala Dunia U-17 terus mencuat. Pemerintah ingin renovasi JIS yang dibangun Anies Baswedan saat jabat Gubernur DKI karena dianggap tak sesuai standar.

Peninjauan rumput Stadion JIS

Photo :
  • Twitter @bos_sir

Barisan pendukung Anies pun geram dengan omongan pemerintah yang diutarakan sejumlah menterinya seperti Menteri BUMN yang juga Ketua Umum PSSI Erick Thohir. Bahkan, pemerintah juga akan mengganti seluruh rumput JIS. Padahal, rumput JIS sebelumnya diklaim sudah memakai standar yang digunakan stadion di negara maju Eropa seperti Alianz Arena, Jerman.

Salah satu kritikan disampaikan elite parpol pendukung Anies dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Jubir DPP PKS Muhammad Iqbal mengkritisi cara pemerintah terutama Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Dia menyoroti Erick yang terkesan memfestivalisasi serta menyudutkan Anies dengan kelemahan JIS.

"Terkesan menyudutkan Anies dan kelemahan-kelemahan JIS di festivalisasi oleh Ketua Umum PSSI Erik Thohir yang juga salah satu kandidat bursa calon Presiden," kata Iqbal, dalam keterangannya, Kamis, 6 Juli 2023.

Dia pun heran saat pemerintah bersama Erick mengundang pihak ahli tapi yang tak paham dengan perencanaan JIS. Iqbal merasa bingung jika JIS dinilai tak sesuai standar.

Padahal, yang ia tahu, ada pujian dari sejumlah pemain sepakbola luar negeri. Begitupun konsultan yang merancang juga dari luar negeri dan sudah berpengalaman.

"Bila ingin mengubah dan merenovasi bagus dilakukan. Namun menfestivalisasi kelemahan sebuah karya orang adalah sesuatu yang tidak etis," tutur Iqbal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya