Mantan Danjen Kopassus, Kapolda Hingga Kabasarnas Deklarasi Dukung Anies di 2024

Purnawirawan perwira tinggi TNI-Polri dukung capres Anies Baswedan
Sumber :
  • VIVA/Ilham

Jakarta – Sebanyak 170 purnawirawan TNI-Polri membentuk Forum Purnawirawan Perwira Tinggi TNI-Polri Perubahan (FP3) mendeklarasikan dukung Anies Baswedan sebagai calon presiden di Pemilu 2024 mendatang. Adapun deklarasi dilaksanakan di sebuah hotel kawasan Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Elite PDIP Minta Money Politics Dilegalkan, ICW: Itu Menyesatkan!

"Menjelang Pemilu 2024, sebanyak 170-an purnawirawan Perwira Tinggi TNI-Polri yang tergabung dalam FP3 mendukung ketiga partai politik yang tergabung dalam Koalisi Perubahan dan Persatuan (Nasdem, Demokrat, PKS) dan sekaligus mengusung Anies Baswedan sebagai capres perubahan," ujar Ketua FP3, Letnan Jenderal (purn) Ediwan Prabowo saat konferensi pers, Kamis, 6 Juli 2023.

Selain itu, Ediwan meminta agar tiga partai yang mengusung Anies Baswedan yang tergabung dalam Koalisi Perubahan segera membuat sekretariat bersama. Ia mendorong Anies segera mengumumkan Cawapres pendamping.

PKS Minta Anies Baswedan Pertimbangkan Peluang Sudirman Said Maju Pilkada Jakarta

"FP3 berharap tiga partai yang tergabung dalam KPP bisa segera membentuk sekretariat bersama Anies Baswedan bisa segera mengumumkan calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampinginya," kata dia.

Anies Baswedan saat kegiatan jalan pagi di Banda Aceh, Sabtu

Photo :
  • FB Anies Baswedan
PKS: Kalau Anies Mau Maju Lagi di DKI Monggo tapi Kami Ingin Mengajukan Kader

Ediwan juga membeberkan alasan mengapa FP3 mendukung Anies Baswedan sebagai calon presiden 2024. Dia menyebut, siapapun yang menginginkan perubahan akan mendukung Anies Baswedan. Ia mengatakan FP3 menilai perubahan adalah di atas segalanya.

"Pak Anies merupakan ikon. Saya kira semua rakyat Indonesia, khususnya yang menginginkan perubahan mencintai Pak Anies dan dukung untuk menjadi presiden 2024," katanya.

Ediwan mengatakan dukungan purnawirawan FP3 kepada Anies tidak melihat kekeluargaan atau keturunan. Namun FP3 melihat Anies memiliki kompetensi untuk memimpin negeri menjadi lebih baik. 

"Jadi tidak usah panjang lebar menyampaikan. Ada 10 ribu bahkan 100 ribu alasan yang membuat beliau memang cocok tepat untuk memimpin bangsa ini," ucap dia.

FP3 merupakan forum bersama Purnawirawan Pati TNI dan Polri lintas angkatan dan lintas matra. Memimpin deklarasi tersebut, Ediwan didampingi oleh sejumlah tokoh penting, antara lain Laksamana Madya (purn) Dedi Muhibah Pribadi yang pernah menjabat sebagai Dansesko TNI Angkatan Laut. Mayor Jenderal (purn) Soenarko, mantan Danjen Kopassus.

Kemudian, Mayor Jenderal (purn) Hartomo, mantan Danpusterad dan Staf Khusus KSAD. Lalu, hadir pula Marsekal Madya TNI (purn) Muhammad Syaugi yang pernah menjabat sebagai mantan Pangkoopsau dan mantan Kepala Basarnas di era Presiden Jokowi (2017).

Selanjutnya, ada Inspektur Jenderal (purn) Anas Yusuf, mantan Kapolda Jatim. Lalu Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral periode 2014-2016, Sudirman Said, yang juga Koordinator dari Tim Anies Baswedan.

Ediwan Prabowo mengatakan dukungan ini dibuat karena keprihatinan atas kondisi kehidupan berbangsa dan bernegara. Menurut dia, praktik hukum dan pengelolaan pemerintahan tidak berpihak pada rakyat.

"FP3 berpandangan dengan adanya pemerintahan baru dengan visi perubahan diharapkan dapat menyatukan kembali anak bangsa," kata Ediwan setelah deklarasi.

Ia mengatakan FP3 juga meminta agar semua pihak menjaga agar Pemilu 2024 berlangsung jujur, adil, bebas, rahasia dan  demokratis. Ediwan menuturkan pemerintah dan penyelenggara pemilu berperan untuk menjaga pemilu aman dan damai. "Jangan sampai ada perpecahan antar anak bangsa," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya