Buka Rakernas Marga Simbolon, Prabowo: Saudara Harus Bangga dengan Silsilah Latar Belakang

Menhan Prabowo Subianto saat rakernas Marga Simbolon di Jakarta.
Sumber :
  • VIVA/Yeni Lestari

Jakarta - Punguan Simbolon Dohot Boruna Indonesia (PSBI) menggelar rapat kerja nasional atau rakernas Marga Simbolon ke-16 pada Jumat, 7 Juli 2023 di kawasan Jakarta Pusat. Rakernas ini dibuka Menteri Pertahanan (RI Prabowo Subianto.

Menohok! Balasan Petinggi Gerindra ke Ganjar soal Politik Akomodasi: Apakah Salah?

Hadir dalam rakernas tersebut, Ketua Umum PSBI Effendi Simbolon, Ketua Umum Ina PSBI Desi Trinita Simbolon Baru Tobing, Ketua Harian PSBI Raden Simbolon. Selain itu, ada Dewan Pengurus Pusat PSBI, rakernas juga diikuti seluruh Dewan Pengurus wilayah PSBI di 154 wilayah termasuk wilayah California USA secara hybrid.

Effendi mengatakan marga Simbolon ini merupakan bagian dari komponen bangsa Indonesia yang terdir dari satu keturunan. Selama 16 tahun ini, hubungan di dalam marga Simbolon berjalan sangat harmonis.

Zulhas: Banyak Orang Salah Sangka Prabowo Dianggap Menang karena Bansos

"Inilah kami Pak Menteri, bagian kecil dari komponen bangsa ini yang merajut terus keharmonisan, kebhinekaan, kami terdiri dari berbagai latar belakang," kata Effendi saat memberikan sambutan di kawasan Jakarta Pusat, Jumat, 7 Juli 2023.

Prabowo Sebut Jokowi Pemimpin yang Ikhlas

Effendi lantas berterima kasih kepada Prabowo yang telah bersedia hadir dan membuka rakernas. Ia menilai, Prabowo sebagai sosok yang sangat mengerti unsur pertahanan dan keharmonisan negara sesuai dengan yang dipegang teguh PSBI hingga saat ini.

"Kami dari salah satu unsur pertahanan dan basis dari akar pertahanan adalah masyarakat itu sendiri. Saya mengenal Pak Prabowo adalah orang yang sangat paham akan pertahanan negara," tuturnya.

Di sisi lain, Menhan Prabowo dalam sambutannya menyampaikan bahwa dirinya datang dan membuka rakernas ini atas permintaan dari Effendi Simbolon. Ia pun menekankan bahwa setiap warga yang menjadi bagian dari marga Simbolon harus merasa bangga.

"Saya datang karena perintah Pak Effendi Simbolon. Saya tentunya ucapkan selamat rakernas, saya kira saudara-saudara harus bangga dengan silsilah latar belakang," kata Prabowo.

Prabowo mengatakan, masyarakat yang tidak mengerti asal-usul atau latar belakangnya itu biasanya bingung dengan alam yang penuh dengan dinamika hingga persaingan. Namun, ia tidak melihat kebingungan itu di antaranya masyarakat yang menjadi bagian marga Simbolon.

Menurut Prabowo, PSBI tak hanya memelihara adat dan istiadat suku Batak di Indonesia. Namun, juga turut menghormati sejarah dan budaya serta tidak pernah membangun sekat dengan marga suku adat lainnya.

Dia bilang hal itu jadi penting untuk ditiru masyarakat dengan marga lain di Indonesia.

"Kita lihat dari himpunan-himpunan PSBI, niatnya untuk memelihara adat, istiadat, asal usul, budaya, ini sangat penting," tutur Ketua Umum Partai Gerindra tersebut.

"Karena bangsa yang tidak hormat pada sejarahnya adalah bangsa yang lemah. Kalau kita kembali pada bagian bangsa Indonesia, kita harus bangga pada sejarah bangsa Indonesia ini," jelasnya.

Prabowo mengatakan Indonesia bisa berdiri merdeka bukan karena hadiah tapi melalui perjuangan yang panjang. Salah satunya perjuangan di Tanah Batak.

"Penuh naik turun dan penuh pengorbanan. Dan, tanah Batak menyumbang pejuang-pejuang yang dihormati seluruh bangsa Indonesia," ujar Prabowo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya