Buro Happold Bantah Ikut Bangun JIS, Elite PKS Ngaku Dapat Bocoran Ini dari Jakpro

Jakarta International Stadium (JIS).
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Riyan Rizki Roshali

Jakarta - Sekretaris Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta, M Taufik Zoelkifli (MTZ) menanggapi soal pernyataan perusahaan jasa desain, dan konsultasi asal Inggris Buro Happold. Buro menyebut desain Jakarta Internasional Stadium (JIS) tak sesuai dengan panduan mereka.

Anies: Pakemnya yang Tidak Mendapatkan Amanah Berada di Luar Kabinet

Buro menyebut pihak yang memintanya agar terlibat dalam proyek JIS adalah Jakarta Konsultindo (Jakkon). Adapun Jakkon merupalan anak perusahaan dari BUMD DKI, PT Jakarta Propertindo (Jakpro).

Taufik menyampaikan dirinya sudah bertanya kepada Jakpro soal pernyataan Buro Happold terkait JIS tak sesuai dengan desain konsultasi asal Inggris tersebut. Menurut dia, yang dimaksud tak sesuai itu bukan infrastruktur bangunan dan lapangan.

Pengamat Ingatkan Prabowo Bahaya Politik Merangkul yang Kebablasan

"Saya tanya Jakpro yang dimaksud dengan tidak sesuai dengan desain awal itu bukan si gedungnya atau stadionnya. Tapi memang hal-hal yang melingkupi yang menjadi tanggung jawab dari Buro Happold," ujar MTZ, sapaan akrabnya saat dihubungi, Senin, 10 Juli 2023.

Baca Juga: Refly Heran JIS yang Dibangun Anies Jadi Polemik: Mandalika Banjir & Merugi Gak Dipersoalkan

Edy Rahmayadi Blak-blakan Tak Akan Duet Bareng Ijeck Lagi: Terlalu Tinggi, Kurang Pas

Taufik menyampaikan, salah satunya yang dimaksud upaya menghadirkan pelaku UMKM yang akan dikelola warga  sekitar JIS. Dia bilang, hal itu masih dalam tahap persiapan Jakpro selaku BUMD yang bertugas sebagai pengelola JIS.

"Jawaban dari Jakpro memang itu belum selesai. Karena ini sekarang masih keintinya yaitu dia sebagai stadion. Tapi, kemudian tentang bagaimana interaksi dengan masyarakat sekitar, itu memang akan dikerjakan," jelas MTZ.

Sebelumnya, Buro Happold buka suara terkait polemik JIS yang dinilai masih banyak kekurangan sehingga perlu diperbaiki. Dalam keterangannya, Buro mengaku tak terlibat dalam mendesain JIS. Baik dari segi kontruksi, maupun mendesain stadion.

"Buro Happold tidak diminta untuk mendesain stadion JIS dan tidak pernah pula mendesain stadion ini. Lebih lanjut, perusahaan juga tidak terlibat dalam pekerjaan konstruksi apapun yang dilakukan kemudian," demikian pernyataan yang dikutip pada, Senin, 10 Juli 2023.

Anies Baswedan saat jabat Gubernur DKI dalam soft lauching Stadion JIS

Photo :
  • Facebook Anies Baswedan

Buro Happold menjelaskan pihak yang membuat panduan desain serta jasa konsultasi JIS yaitu Jakkon. Buro Happold pernah diminta Jakkon membuat panduan desain serta memberikan jasa konsultasi pada Desember 2018 hingga Maret 2019.

"Pihak Jakkon meminta Buro Happold untuk membuat panduan desain (design guidelines) serta memberikan jasa konsultasi, mulai Desember 2018 hingga Maret 2019," tulisnya.

Pun, Buro Happold juga jelaskan ruang lingkup yang dilakukan pihaknya dalam membuat panduan sesuai dengan permintaan Jakkon. Hal itu terkait persiapan pembuatan panduan desain (preparation of concept design guide).

Kemudian, membuat penilaian untuk soal teknis dan komersial (technical and commercial assessment). Lalu, konsep rencana induk untuk area di sekitar stadion (concept masterplan for the surrounding area), serta peta jalan implementasi proyek (implementation roadmap).

"Selama masa pembuatan panduan itu, perusahaan memastikan agar desain seluruh aspek yang berkaitan dengan standar FIFA terpenuhi," tulisnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya